STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI MI AL-MUHTADUUN JABUNG TALUN BLITAR

RIZQI AMALIA ISTNASARI, 12205183154 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI MI AL-MUHTADUUN JABUNG TALUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Religius Pada Siswa Di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar” ini ditulis oleh Rizqi Amalia Istnasari, NIM 12205183154, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai-nilai Karakter Religius Seiring dengan perkembangan zaman yang modern saat ini, banyak sekali penurunan perilaku dan sikap religius anak terutama pada anak usia sekolah dasar yang dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi dan menipisnya kesadaran bahkan hilangnya sikap religius yang menyebabkan karakter seorang anak menurun. Untuk itu peneliti ingin menggali lebih dalam mengenai strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar dengan tujuan menggali bagaimana upaya untuk mengatasi dan meminimlisir penurunan sikap religius anak saat ini serta bagaimana menjadikan anak lebih memiliki tata krama dan berahklakul karimah untuk kehidupan yang akan datang. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana perencanaan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar? (2) Bagaimana Pelaksanaan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar?. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru dan siswa. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik pemeriksaan data menggunakan ketekunan pengamatan, trianglasi dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki berbagai variasi strategi untuk penanaman nilai-nilai karakter religius. Strategi guru dalam penanaman nilai-nilai karakter religius dapat dilihat dari (1 ) Perencanaan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa melalui kegiatan rapat untuk menentukan strategi guru, mempersiapkan saranan dan prasarana seperti mushola, tempat wudhu dan alat sholat, melalui keteladanan serta melalui pembiasaan (2) Pelaksanaan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa melalui kegiatan belajar mengajar, melalui keteladanan seperti bersikap jujur, sopan, rendah hati serta keadilan, melalui pemberian pemahaman atau pengetahuan dan melalui pembiasaan disiplin, tanggung jawab dan kegiatan religius (3) Evaluasi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa melalui kegiatan rapat untuk membahas tentang keberhasilan strategi yang telah dilaksanakan, raport, catatan guru, melalui pengamatan langsung oleh kepala madrasah dan ujian tes serta praktik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183154 RIZQI AMALIA ISTNASARI
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:17
Last Modified: 19 Jul 2022 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27762

Actions (login required)

View Item View Item