STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBERI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TUNGGALPAGER KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

GABBRIEL PRAMESWARI, 12205183200 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBERI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TUNGGALPAGER KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Guru Dalam Memberi Motivasi Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Di SD Negeri Tunggalpager”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ini ditulis oleh Gabbriel Prameswari, NIM 12205183200, Pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Strategi komunikasi, guru, motivasi, pembelajaran Motivasi merupakan dorongan pada diri siswa untuk melakukan suatu tindakan yang timbul dari dalam diri maupun luar diri yang akan mempengaruhi kemauan untuk belajar. Terutama pada pendidikan tingkat sekolah dasar, siswa masih memerlukan pengarahan dan pengawasan guru. Sesuai konteks penelitian ini dalam proses pembelajaran, guru merupakan kunci utama yang berupaya membimbing dan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat agar guru dapat berinteraksi dengan mudah selama proses pembelajaran sehingga siswa juga mampu menerima dan menyerap yang dikatakan guru. Khususnya dalam penelitian ini yaitu guru-guru di SD Negeri Tunggalpager berusaha menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui strategi komunikasi. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi informatif guru dalam memberi motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran di SD Negeri Tunggalpager?, 2) Bagaimana strategi komunikasi persuasif guru dalam memberi motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran di SD Negeri Tunggalpager, 3) Bagaimana strategi komunikasi koersif guru dalam memberi motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran di SD Negeri Tunggalpager?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi informatif, persuasif dan koersif guru dalam memberi motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran di SD Negeri Tunggalpager. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini terletak pada strategi komunikasi guru dalam menanamkan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian yang diambil sebanyak 3 guru kelas dan 3 siswa. Rincian subjek penelitian ini sebagai berikut: 1 guru kelas dan 1 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, 1 guru kelas dan 1 siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, dan 1 guru kelas dan 1 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Teknik analisis datanya mengikuti langkah analisis model Miles dan Huberman reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dengan menggunakan ketekunan/keajekan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Strategi komunikasi informatif yang dilakukan guru melalui tiga cara, (a) Guru menggunakan strategi memberi pesanmeliputi informasi ilmu pengetahuan dan nasihat, (b) Guru menggunakan strategi membimbing, (c) Guru menggunakan berbagai metode, yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. 2) Strategi komunikasi persuasif yang dilakukan guru yaitu, (a) Guru menyampaikan kepada siswa melalui media pembelajaran, (b) Guru mengajak siswa menggunakan sarana dan prasarana sekolah, (c) Guru membangun kedekatan dengan siswa dan menggali keaktifan belajar siswa, (d) Guru memberi apresiasi terhadap pencapaian siswa, (e) Guru menggunakan gaya bicara humor, gerakan tangan dan mimik wajah, (f) Guru menyampaikan pesan secara berulang-ulang. 3) Strategi komunikasi koersif dilakukan guru berupa, (a) Strategi pemberian peraturan yang disepakati oleh guru dan siswa, (b) Strategi pemberian peringatan sebagai ancaman pada siswa yang melanggar aturan, (c) Guru menyampaikan tuturan berupa hukuman terhadap siswa melanggar aturan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183200 GABBRIEL PRAMESWARI
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:51
Last Modified: 19 Jul 2022 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27767

Actions (login required)

View Item View Item