STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI MORALITAS PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

RISKA NI’MATUL KHOIRIYAH, 12205183209 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI MORALITAS PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (963kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai – Nilai Mmoralitas Peserta Didik Di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ” ini ditulis oleh Riska Ni‟matul Khoiriyah, NIM 12205183209, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci Strategi Guru, Nilai Moralitas, PPkn Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan guru dalam menjalankan perannya dalam proses belajar mengajar khususnya dalam menanamkan nilai – nilai moralitas pada mata pelajaran tematik materi PPKn guna membentuk kepribadian anak yang bertanggung jawab, disiplin, jujur, peduli, dan percaya diri sesuai dengan nilai – nilai Pancasila dan UUD 45. Hal ini dapat terlihat dari sikap, ucapan, dan perbuatan peserta didik selama proses belajar mengajar. Selain itu juga dapat terlihat dari kebiasaan peserta didik dalam kehidupan sehari – hari. Fokus penelitian dalam skrispi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru dalam menanamkan nilai – nilai moralitas melalui mata pelajaran tematik materi PPKn kelas V di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ? 2) Bagaimana pelaksanaan dalam menanamkan nilai – nilai moralitas melalui mata pelajaran tematik materi PPKn kelas V di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ? 3) Bagaimana dampak dalam menanamkan nilai – nilai moralitas melalui mata pelajaran tematik materi PPKn terhadap peserta didik kelas V di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam menanamkan nilai – nilai moralitas melalui mata pelajaran tematik materi PPKn kelas V di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. 2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan dalam menanamkan nilai – nilai moralitas melaluia mata pelajaran tematik materi kelas V di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. 3) Untuk mendiskripsikan dampak dalam menanamkan nilai – nilai moralitas melalui mata pelajaran tematik materi PPKn terhadap peserta didik kelas V di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut: 1) jenis atau pola penelitian kualitatif deskriptif, pendekatan penelitian, 2) sumber data: data primer dan data sekunder, 3) teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentas, 4) teknik analisis data adalah kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi (menarik kesimpulan). Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Perencanaan guru dalam pembentukan nilai – nilai moral peserta didik kelas V yang sesuai dengan RPP tema 6 sub tema 1 pembelajaran 3 yaitu a) Sikap disiplin rencana guru membuat konsekuensi bagi peserta didik yang tidak mematuhi tata tertib, b)Sikap jujur recana guru untuk melatih peserta didik berkata dan bersikap jujur, c) Sikap tanggung jawab rencana guru membuat tata tertib, d) Sikap percaya diri rencana guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya . 2) Pelaksanaan menanamkan nilai – nilai moralitas melalui mata pembelajaran temati materi PPKn guru kelas V dalam tiga metode yaitu : metode ceramahguru menjelaskan metari mengenai materi disiplin, metode diskusi guru memberikan pengarahan peserta didik untuk bertukar pendapat dalam mengambil keputasan atau memecahkan masalah, dan metode tanya jawab guru memberikan hak peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya. 3) Dampak dalam menanamkan nilai moral terlihat bahwa peserta didik kelas V telah mempunyai sikap lebih displin dengan mematuhi tata tertib, mempunyai sikap lebih jujur dalam berkta dan bersikap, mempunyai sikap lebih tanggung jawab dengan mematuhi tata tertib , dan lebih percaya diri dalam bertanya atau menyampaikan pendapatnya dimuka umum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183209 RISKA NI'MATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:49
Last Modified: 19 Jul 2022 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27776

Actions (login required)

View Item View Item