STRATEGI MENGAJAR GURU PADA ANAK SLOW LEARNER DI SDI AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ELEN PUSPITA RANI, 12205183321 (2022) STRATEGI MENGAJAR GURU PADA ANAK SLOW LEARNER DI SDI AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Konteks penelitian yang diangkat oleh peneliti adalah masalah slow learner (lamban belajar) yang terjadi pada lembaga sekolah. Siswa slow learner mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Pelayanan pembelajaran yang tidak sesuai dengan masalah slow learner akan memberikan dampak yang tidak maksimal terhadap hasil belajar peserta didik slow learner. Lembaga sekolah yang memberikan pelayanan pendidikan khusus bagi siswa slow learner adalah SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui langkah SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dalam memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik slow learner. Fokus penelitian terdiri dari (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran guru pada anak slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru pada anak slow learner di SD Al�Azhaar Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran guru pada anak slow learner di SD Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? Berdasarkan fokus penelitian tersebut terdapat tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran guru pada anak slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran guru pada anak slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran guru pada anak slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawanncara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi untuk memperoleh data penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah guru pendamping kelas, wakil bidang kurikulum, dan kepala SDI Al-Azhaar Kedungwrau Tulungagung. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran bagi siswa slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dilaksanakan dengan kegiatan tes IQ dan penyusunan perencanaan pembelajaran individual bagi peserta didik slow learner. (2) Pelaksanaan pembelajaran bagi siswa slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dilaksakan dengan menggunakan materi ajar yang telah dimodifikasi dan penyediaan guru pendamping kelas (GPK) bagi peserta didik slow learner. (3) Evaluasi Pembelajaran bagi siswa slow learner di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dilakukan dengan metode tes dan non tes.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183321 ELEN PUSPITA RANI
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:17
Last Modified: 20 Jul 2022 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27796

Actions (login required)

View Item View Item