KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

YANANDA OKANIA RAHMAWATI, 12204183184 (2022) KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear dua Variabel Kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Yananda Okania Rahmawati, NIM. 12204183184, Pembimbing Dr.Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci : Befikir Kreatif, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa. Seringkali ditemui seorang siswa dalam menyelesaikan soal hanya terpaku dalam satu cara yang sama dengan apa yang dituliskan oleh guru, akibatnya tingkat kreativitas siswa tidak berkembang. Padahal tujuan pembelajaram diarahkan untuk mengembangkan tingkat kreativitas siswa. Tingkat kreativitas sendiri dapat diketahui dan dikembangkan melalui pemberian soal. Soal yang diberikan mengandung beberapa cara penyelesaian, sehingga siswa menemukan hal baru dalam proses tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear dua Variabel kelas X SMAN 1 Gondang, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa berkemampuan matematika sedang materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear dua Variabel kelas X SMAN 1 Gondang, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa berkemampuan matematika rendah materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear dua Variabel kelas X SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gondang Tulungagung yang diikuti oleh siswa kelas X MIPA 6 yang berjumlah 20 siswa dari 23 siswa. Dari 20 siswa dipilih 6 siswa yang mewakili kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang dan kemampuan matematika rendah. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan beragam jawaban dan benar, siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan cara yang beragam, dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan cara yang berbeda dari kebanyakan siswa lainnya, 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan beragam jawaban dan benar, siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan cara yang beragam, 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan beragam jawaban dan benar, sehingga indikator yang lainnya tidak terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183184 YANANDA OKANIA RAHMAWATI
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:23
Last Modified: 20 Jul 2022 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27814

Actions (login required)

View Item View Item