GALANG IHTIAR ROMADHON, 12401173090 (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (EX MANDIRI SYARIAH) KCP TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (10MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiun Pada Bank Syariah Indonesia (Ex Mandiri Syariah) KCP Tulungagung" ini ditulis oleh Galang Ihtiar Romadhon, NIM 12401173090, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya yang mengetahui pembiayaan pensiun di Bank Syariah Indonesia Kcp Tulungagung karena produk tersebut yang tergolong masih baru dan juga banyak Bank-bank lain yang menawarkan pembiayaan serupa dengan lokasi antar bank yang berdekatan, oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung dalam meningkatkan produk pembiayaan pensiun, maka dari itu dibutuhkan strategi yang tepat dan terencana agar masyarakat khususnya pensiunan lebih tertarik dengan produk pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung di bandingkan dengan produk pembiayaan di bank-bank lainnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) untuk menjelaskan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung 2) untuk menjelaskan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan produk pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diambil merupakan data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam metode ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis model deduktif, berangkat dari permasalahan umum untuk diambil kesimpulan pada permasalahan khusus, sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung menggunakan metode bauran pemasaran yang terdiri dari produk yang dimiliki dalam proses pembiayaan yang mudah dan cepat serta angsuran yang bersifat flat atau tetap sampai angsuran lunas, harga mampu bersaing dengan bank-bank lain di sekitar serta margin yang kompetitif, tempat yang strategis karena berada di tengah kota, promosi dengan mendatangi nasabah langsung kalau media iklan seperti browsur Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung belum menerapkannya, karyawan harus jujur,bertanggung jawab dan menjaga keharmonisasian terhadap nasabah, proses yang dilakukan dalam produk pensiun cukup mudah tetapi penanganan teerhadap produk pensiun cukup lama, bukti fisik kantor bagus, ruangan bersih tetapi interior berupa kursi masih sedikit. (2) dalam menghadapi persaingan Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung melakukan strategi distribusi yang unik dengan menanamkan rasa memiliki terhadap nasabah. Adapun dampak positif lain adalah bank mendapatkan informasi pesaing dari nasabah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Pembiayaan Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173090 GALANG IHTIAR ROMADHON |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 02:48 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27825 |
Actions (login required)
View Item |