LUTHFI NUR AFIFAH, 12205183231 (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS 2 DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas 2 DI MI Tarbiyatul Islamiyah Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Luthfi Nur Afifah, NIM. 12205183231, pembimbing Dr. Nuryani, S. Ag., M. Pd. I. Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Karakter Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya membentuk karakter disiplin pada peserta didik. Selain itu sekarang ini masih banyak terjadi perilaku yang bertentangan dengan norma kedisiplinan yang masih sering dijumpai dilingkungan sekolah termasuk sekolah dasar seperti masih terdapat siswa yang terlambat datang ke sekolah, tidak mematuhi nasehat guru, tidak mengerjakan tugas darai guru dan menyoncek ketika ujian. Pembentukan karakter disiplin pada siswa dengan metode pembiasaan bertujuan untuk membiasakan peserta didik terhadap nilai-nilai positif sehingga ketika tumbuh dewasa mereka akan terbiasa dengan nilai-nilai positif yang telah dibiasakan sejak dini. Berdasarkan fenomenasi di atas, maka, maka penelitian bertujuan mendeskripsikan: 1)proses implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah, 2)faktor penghambat dan solusi pelaksaan implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah, dan 3)evaluasi implementasi metode pembiasaan dalam implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 1) Kepala Sekolah, 2)Wali Kelas 2A, 3)Wali Kelas 2B dan 4)Salah Siswa Kelas 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa 1)implementasi metode pembiasaan yang dilakukan di MI Tarbiyatul Islamiyah dalam membentuk karakter disiplin pada siswa melalui kegiatan-kegiatan untuk membiasaan sikap disiplin pada siswa, 2) metode pembiasaan efektif digunakan dalam membentuk karakter disiplin pada peserta didik, 3)terdapat hambatan dalam pembentukkan karakter disiplin pada siswa diantaranya: siswa yang heterogen, pola asuh yang berbeda-beda, lingkungan, dan pendidik, solusi dari hambatan-hambatan yang ditemui dalam membentuk karakter disiplin pada siswa diantaranya: melakukan pendekatan, melalui pelatihan guru, memberikan motivasi dan nasihat, dukungan guru dan keluarga dan kerjasama yang baik antara pihak-pihak yang bersangkutan seperti keluarga terutama orang tua.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183231 LUTHFI NUR AFIFAH |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 02:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27827 |
Actions (login required)
View Item |