TSANIA CAHYANINGTYAS, 12207183043 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 1 Kalidawir” yang ditulis oleh Tsania Cahyaningtyas, NIM 12207183043, Dosen Pembimbing Bapak Moh. Mashudi, M. Pd. I. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Profesionalisme Guru Salah satu faktor penentu keberhasilan dalam sebuah pembelajaran ialah dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki guru dalam menciptakan suasana belajar mengajar yang nyaman, produktif, dan efisien. Namun, dalam prakteknya sebagian guru belum sepenuhnya bisa untuk melakukan hal tersebut. Sehingga peran kepala sekolah sebagai supervisor penting dalam hal ini karena membantu guru untuk lebih disiplin serta dapat meningkatkan kinerja profesional. Smpn 1 kalidawir merupakan sekolah dengan potensi yang baik dalam bidang akademik maupun non-akademik yang membuat sekolah ini banyak diminati siswa untuk melanjutkan pendidikannya untuk bersekolah disana, hal itu juga tidak lepas dari peran kepala sekolah untuk selalu meningkatkan kualitas lembaga. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru?, 2) bagaimana implikasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru?, 3) bagaimana evaluasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru?. Dengan tujuan penelitian yaitu, 1) untuk mengetahui implementasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru, 2) untuk mengetahui implikasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru, 3) untuk mengetahui evaluasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, serta menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Implementasi Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Kegiatan supervisi diawali dengan perencanaan terlebih dahulu dan dilaksanakan satu kali setiap satu semester. 2) Implikasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah ikut terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan supervisi dan dibantu tim supervisi dengan teknik kunjungan kelas untuk menilai guru dalam meningkatkan kinerja profesional. 3) Evaluasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru. Evaluasi supervisi dilakukan dengan rapat evaluasi serta pemberian masukan dan motivasi, serta untuk menindaklanjuti kegiatan supervisi guru mendapatkan pelatihan-pelatihan dan workshop yang sesuai dengan kebutuhan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183043 TSANIA CAHYANINGTYAS |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 02:55 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 02:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27829 |
Actions (login required)
View Item |