Ruly, Budiyanto (2015) STRATEGI MARKETING LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATAN PENGGUNA JASA PENDIDIKAN (Studi Multi Situs di MTsN Model Trenggalek dan MTsN Kampak Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV 1.pdf Download (849kB) | Preview |
|
Text
BAB IV 1.pdf Download (849kB) |
||
|
Text
BAB IV 2.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
Text
Biodata.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
Cover TESIS.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
executive summary.pdf Download (140kB) |
Abstract
ABSTRAK Budiyanto, Ruly. 2015. Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Pengguna Jasa Pendidikan”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: (I) Dr. H. Ahyak, M.Ag. (II) Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata Kunci : Strategi Marketing, Lembaga Pendidikan Islam, Pengguna Jasa Pendidikan. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh sulitnya bagi sebuah lembaga pendidikan untuk dapat hidup dengan baik jika tidak memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan cepat dan mampu berkembang dengan berbagai tuntutan pengguna lembaga pendidikan. Strategi marketing yang baik bagi lembaga pendidikan Islam mutlak diperlukan. Lembaga pendidikan Islam sebagai lembaga non profit perlu meyakinkan pelanggan bahwa lembaga yang ditawarkan merupakan lembaga yang masih eksis. Berikutnya lembaga juga perlu meyakinkan kepada pelanggan bahwa layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu marketing dilakukan untuk dapat mengenalkan segalam macam produk lembaga kepada masyarakat agar mudah dimengerti. Pertanyaan dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana formulasi strategi marketing Lembaga Pendidikan Islam dalam meningatkan pengguna jasa pendidikan di MTsN Model Trenggalek dan MTsN Kampak Trenggalek ? (2) Bagaimana strategi implementasi marketing lembaga pendidikan islam dalam meningkatan pengguna jasa pendidikan di MTsN Model Trenggalek dan MTsN Kampak Trenggalek ? (3) Bagaimana strategi evaluasi marketing lembaga pendidikan islam dalam meningkatan pengguna jasa pendidikan di MTsN Model Trenggalek dan MTsN Kampak Trenggalek ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi formulasi marketing lembaga pendidikan islam dalam meningkatan pengguna jasa pendidikan di MTsN Model Trenggalek dan MTsN Kampak Trenggalek. (2) Untuk mengetahui strategi implementasi marketing lembaga pendidikan islam dalam meningkatan pengguna jasa pendidikan di MTsN Model Trenggalek dan MTsN Kampak Trenggalek. (3) Untuk mengetahui strategi evaluasi marketing lembaga pendidikan islam dalam meningkatan pengguna jasa pendidikan di MTsN Model Trenggalek dan MTsN Kampak Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan memakai bentuk multi situs. Rancangan studi multi-situs adalah suatu rancangan penelitian kualitatif yang melibatkan beberapa situs, tempat dan subjek penelitian. Subjek-subjek penelitian tersebut diasumsikan memiliki karakteristik yang sama. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi marketing lembaga pendidikan Islam perlu melakukan beberapa tahapan dimulai dari formulasi strategi marketing, implementasi strategi marketing dan evaluasi strategi marketing untuk meningkatkan pengguna jasa pendidikan. Dengan demikian, strategi marketing lembaga pendidikan islam mempunyai andil penting dalam peningkatan pengguna jasa pendidikan. Oleh karena itu penentuan kebijakan kepala madrasah dalam menetapkan sebuah strategi marketing perlu di formulasikan secara baik agar tim marketing yang telah dibentuk oleh lembaga dapat mengimplementasikannya dengan baik dan tepat sasaran. Selain itu evaluasi juga perlu dilakukan secara terus menerus agar segala kekurangan dari penerapan strategi marketing untuk meningkatkan pengguna jasa pendidikan dapat berjalan berkisambungan dan lembaga akan menjadi salah satu lembaga yang dipercaya oleh masyarakat dalam mendidik putra-putrinya.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Studi Islam |
Depositing User: | mas ruly budiyanto |
Date Deposited: | 21 Dec 2015 07:30 |
Last Modified: | 21 Dec 2015 07:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2785 |
Actions (login required)
View Item |