STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PROGRAM TAHFIDZ DI SD ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

AFIFAH AZIZATUL FAUZIAH, 12205183308 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PROGRAM TAHFIDZ DI SD ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Program Tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Afifah Azizatul Fauziah, NIM. 12205183308, Pembimbing Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an, Program Tahfidz Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program tahfidz yang semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan islam, termasuk di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Keberhasilan dari siswa menghafal Al-Qur’an ini salah satunya ditentukan oleh strategi guru seperti metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang disusun secara khusus untuk meningkatkan hafalan tersebut. Disamping itu juga guru perlu menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Metode Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an pada program Tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung? (2) Bagaimana Media Pembelajaran Yang Digunakan Dalam Menghafal Al-Qur’an pada program Tahfidz di SD Islam Al Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi guru dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an pada program Tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, koordinator tahfidz, guru tahfidz, dan siswa tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada program tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung yaitu menggunakan metode talaqqi, Bin-Nazar, talqin, yang diiringi dengan pemberian nasehat, pemahaman, dan motivasi. (2) Media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan motivasi menghafal Al Qur’an pada program tahfidz SD Islam Al-Azhaar tulungagung menggunakan media audio visual yang diputar adalah bacaan Al-Qur’an para Syaikh yang terpilih seperti Syaikh Kamil. menjadi media yang tepat untuk menghafalkan Al-Qur’an. (3) Evaluasi guru dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an pada program Tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung yaitu terdiri dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif untuk menguji hafalan 1 surah, seperempat juz ataupun setengah juz. Sedangkan evaluasi sumatif untuk menguji hafalan siswa 1 juz.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183308 AFIFAH AZIZATUL FAUZIAH
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:45
Last Modified: 20 Jul 2022 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27866

Actions (login required)

View Item View Item