STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK

ELIKA YUANA, 12201183042 (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Elika Yuana, NIM. 12201183042, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), pembimbing Dr. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan, baik di sekolah/madrasah negeri maupun swasta yang sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Seperti halnya permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan strategi pembelajaran di sekolah. Adanya permasalahan tersebut tentu mendorong guru untuk semakin kreatif dalam mengembangkan strategi-strategi pembelajarannya agar peserta didik dapat menangkap materi dan memahami materi secara jelas. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana keberhasilan pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini yakni bersifat analisis-deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dalam pengamatan, triangulasi dan review informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1 ) pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu melaksanakan pembelajaran akidah akhlak yang disesuaikan dengan RPP yang telah disusun dan memperluas materi, guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan menulis kembali dalil Al-Qur’an, serta guru memberikan hukuman yang ringan pada saat pembelajaran akidah akhlak berlangsung. (2) faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu keterbatasan waktu mata pelajaran akidah akhlak, peserta didik kurang fokus saat pembelajaran akidah akhlak berlangsung, minimnya pengetahuan guru tentang karakteristik peserta didik dan pemantauan guru terhadap perilaku peserta didik saat di sekolah maupun di pondok pesantren terbatas, sedangkan faktor pendukung pelaksanaan strategi ekspositori adalah guru yang berkompeten, sarana dan prasarana yang ada di madrasah yang memadai dan sumber belajar siswa yang beragam. (3) keberhasilan pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu peningkatan nilai dari peserta didik yang sangat signifikan, perilaku peserta didik sehari-hari yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, serta antusiasme dan semangat dari peserta didik saat pembelajaran akidah akhlak berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183042 ELIKA YUANA
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:52
Last Modified: 20 Jul 2022 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27893

Actions (login required)

View Item View Item