ELISA ERIFATUL CHOFIFAH, 12205183241 (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMENTASI BERBANTUAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstract
ABSTRAK Elisa Erifatul Chofifah, 12205183241, Pengaruh Metode Eksperimentasi Berbantuan Media Benda Nyata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda di MI Thoriqul Huda Kromasan Kabupaten Tulungagung, Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Metode Eksperimentasi, Media Benda Nyata, Perubahan Wujud Benda, Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimentasi berbantuan media benda nyata terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di MI Thoriqul Huda. Berdasarkan latar belakang masalah dapat diidentifikasi bahwa penelitian ini dilakukan karena ada suatu masalah yaitu: (1) Guru tidak menggunakan metode dan media pembelajaran karena waktu yang terbatas (2) Siswa lebih suka menggunakan media pada saat belajar dan lebih suka sesuatu yang nyata (3) Nilai hasil belajar yang rendah saat diberikan soal latihan atau ulangan harian. Sesuai dengan latar belakang dan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, adakah pengaruh metode eksperimentasi berbantuan media benda nyata terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di MI Thoriqul Huda? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI Thoriqul Huda dan sampel adalah kelas IV A dan kelas IV B. Instrumen penelitian menggunakan soal tes sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan bermain peran. Analisis data menggunakan Gain Score dan Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode eksperimentasi berbantuan media benda nyata terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di MI Thoriqul Huda. Hal ini berdasarkan uji independent sample t-test, hasil perhitungan yang diperoleh, pada kelas eksperimen didapatkan (Mean=14.00, Std.deviation=10,00), kelas kontrol didapatkan (Mean=8,27, Std.deviation=7,70);t (55)=2,42, dan sig. 0,019, p<0,05 (two tailed). Perbedaan hasil belajar siswa sebesar 5,73 dengan taraf kepercayaan 95%. Untuk perhitungan effect size yaitu dengan menggunakan Eta Square Statistic diperoleh 0,09 dan termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Pemberian perlakuan eksperimentasi berbantuan media benda nyata pada kelas eksperimen berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di MI Thoriqul Huda Kromasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183241 ELISA ERIFATUL CHOFIFAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:51 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27899 |
Actions (login required)
View Item |