PENGARUH MINAT BELAJAR MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

ALLIMATUL HIDAYAH, 12201183119 (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Allimatul Hidayah, NIM. 12201183119. Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa minat belajar motivasi belajar dan kreativitas belajar dapat mempengaruhi hasil belajar. Menumbuhkan minat belajar, motivasi belajar dan kreativitas belajar itu sangat penting. Adanya minat belajar seseorang mempunyai kemauan atau dorongan untuk melakukan sesuatu yang diminatinya. Minat seseorang akan semakin tinggi bila disertai motivasi dalam belajar dan kreativitas belajar, dengan motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar yang lebih giat. Minat belajar motivasi belajar dan kreativitas belajar saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (4) Bagaimana pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Regresi. Populasi penelitian ini adalah 110 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 50 peserta didik kelas VIII A dan VIII C. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan H1 diterima, karena thitung 2.262 > nilai ttabel 2.000 dengan nilai signifikansi 0.028 < 0.05. nilai signifikansi minat belajar 0.028 lebih kecil daripada probabilitas 0.05, pengujian Ho ditolak Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikansi antar motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan H2 diterima, karena thitung thitung 0.169 < nilai ttabel 2.000 dengan nilai signifikansi 0.867 > 0.05. nilai signifikansi motivasi belajar 0.867 lebih besar daripada probabilitas 0.05, pengujian Ho diterima dan Ha ditolak. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikansi kreativitas terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan H3 diterima, karena thitung 3.005, > nilai ttabel 2.000 dengan nilai signifikansi 0.004 < 0.05. nilai signifikansi kreativitas belajar 0.004 lebih kecil daripada probabilitas 0.05, pengujian Ho ditolak Ha diterima. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar, motivasi belajar, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan H4 diterima, karena fhitung 5.007> nilai ftabel 3.16. dengan nilai signifikansi 0.004 < 0.05. nilai signifikansi hasil belajar lebih kecil daripada probabilitas 0.05, pengujian Ho ditolak Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183119 ALLIMATUL HIDAYAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:15
Last Modified: 21 Jul 2022 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27905

Actions (login required)

View Item View Item