Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik

ANNA SA'DIATUN NISA, 12205183340 (2022) Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik” ini ditulis oleh Anna Sa’diatun Nisa, NIM 12205183340, dibimbing oleh Bapak Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci : Karakter religius, Kegiatan Keagamaan. Karakter religius sangat penting dikembangkan di sekolah. Hal ini disebabkan oleh permasalahan pendidikan di Indonesia yang berakar dari kurangnya penanaman pendidikan agama sejak dini oleh keluarga kepada anak – anak mereka. Sedangkan perkembangan zaman yang semakin canggih sedikit demi sedikit dapat menggerogoti karakter seorang anak. Sehingga dibutuhkan strategi guru di sekolah untuk mengembangkan karakter religius. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan kegiatan keagamaan di sekolah. Sekolah yang menerapkan pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan adalah MI Sunan Ampel Sidoraharjo. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di MI Sunan Ampel ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di MI Sunan Ampel ? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di MI Sunan Ampel ?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan pembentukan karakter religius berupa merancang kegiatan keagamaan yang diklasifikasikan menjadi kegiatan harian ( pembiasaan ), kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan tahunan. (2) Pelaksanaan pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah dirancang. Pembiasaan dilakukan dengan membaca surat pendek, infaq, sholat dhuha, dan sholat dhuhur. Kegiatan mingguan berupa pondok sabtu. Kegiatan bulanan berupa istighotsah rutin jum’at legi dan baksos. Kegiatan tahunan dilakukan dengan PHBI. (3) Faktor pendukung dari pembentukan karakter religius yaitu keinginan kuat para guru, fasilitas yang memadahi, dan faktor dari dalam peserta didik itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan peserta didik yang kurang baik, sulitnya mengkondisikan peserta didik dan waktu yang kurang kondusif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183340 ANNA SA'DIATUN NISA
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:18
Last Modified: 20 Jul 2022 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item View Item