EFEKTIVITAS MEDIA POWTOON SEBAGAI ALTERNATIF OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII MTs. MUJAHIDIN SLUMBUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

NAJMA STHALI STHATU ZUHRO, 12210183106 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA POWTOON SEBAGAI ALTERNATIF OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII MTs. MUJAHIDIN SLUMBUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul Efektivitas Media Powtoon Sebagai Alternatif Optimalisasi Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Najma Sthali Sthatu Zuhro, NIM 12210183106, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: efektivitas, media powtoon, teks laporan hasil observasi. Media pembelajaran merupakan suatu sarana atau alat yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi. Berbanding terbalik dengan kondisi di MTs. Mujahidin Slumbung. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa bantuan media, sehingga pembelajaran terkesan monoton. Hal tersebut menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap suatu materi. Khususnya materi teks laporan hasil observasi. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dapat ditunjang dengan penggunaan sebuah media pembelajaran. Pada penelitian ini, media pembelajaran yang digunakan adalah media powtoon. Media powtoon merupakan media animasi yang dibuat menggunakan aplikasi powtoon. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa media powtoon efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang secara spesifik menguji apakah media powtoon efektif diterapkan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi pada siswa MTs. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis pretest posttes design. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimana efektivitas media powtoon sebagai optimalisasi pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2021/2022?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan media powtoon sebagai optimalisasi pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan paired samples t-test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t paired sample t-test diperoleh hasil thitung = -6.854, sedangkan ttabel dengan df N-1 = 30 dan taraf signifikasi 5% (0,05) sebesar 2.042. Jadi, thitung > ttabel (-6.854 > 2.042) dengan taraf Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Presentase tersebut dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media powtoon efektif sebagai alternatif optimalisasi pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210183106 NAJMA STHALI STHATU ZUHRO
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:20
Last Modified: 20 Jul 2022 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27912

Actions (login required)

View Item View Item