NAJMA STHALI STHATU ZUHRO, 12210183106 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA POWTOON SEBAGAI ALTERNATIF OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII MTs. MUJAHIDIN SLUMBUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul Efektivitas Media Powtoon Sebagai Alternatif Optimalisasi Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Najma Sthali Sthatu Zuhro, NIM 12210183106, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: efektivitas, media powtoon, teks laporan hasil observasi. Media pembelajaran merupakan suatu sarana atau alat yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi. Berbanding terbalik dengan kondisi di MTs. Mujahidin Slumbung. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa bantuan media, sehingga pembelajaran terkesan monoton. Hal tersebut menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap suatu materi. Khususnya materi teks laporan hasil observasi. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dapat ditunjang dengan penggunaan sebuah media pembelajaran. Pada penelitian ini, media pembelajaran yang digunakan adalah media powtoon. Media powtoon merupakan media animasi yang dibuat menggunakan aplikasi powtoon. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa media powtoon efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang secara spesifik menguji apakah media powtoon efektif diterapkan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi pada siswa MTs. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis pretest posttes design. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimana efektivitas media powtoon sebagai optimalisasi pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2021/2022?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan media powtoon sebagai optimalisasi pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan paired samples t-test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t paired sample t-test diperoleh hasil thitung = -6.854, sedangkan ttabel dengan df N-1 = 30 dan taraf signifikasi 5% (0,05) sebesar 2.042. Jadi, thitung > ttabel (-6.854 > 2.042) dengan taraf Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Presentase tersebut dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media powtoon efektif sebagai alternatif optimalisasi pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210183106 NAJMA STHALI STHATU ZUHRO |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 06:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27912 |
Actions (login required)
View Item |