PERAN GURU TPQ DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PADA SANTRI DI TPQ AL-IKHLAS GEMENGGENG PACE NGANJUK

BAIHAQQI, 12201183354 (2022) PERAN GURU TPQ DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PADA SANTRI DI TPQ AL-IKHLAS GEMENGGENG PACE NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BABVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru TPQ dalam Membentuk Perilaku Keagamaan pada Santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk”, ini ditulis oleh Baihaqqi, NIM. 12201183354, Pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M. Ag. Kata Kunci: Peran Guru TPQ, Membentuk Perilaku Keagamaan (tawadhu’, tasamuh’, istiqomah). Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena sebagian para santri di TPQ Al Ikhlas seperti kurangnya berperilaku sopan dan santun, menghargai, dan istiqomah dalam belajar serta beribadah. Jadi rasa keingintahuan peneliti terkait peran guru dalam membentuk perilaku keagamaan pada santri karena begitu pentingnya perilaku keagamaan bagi para santri yang akan menjadi generasi muda penerus bangsa, agar menjadi santri yang memiliki perilaku terpuji serta dapat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan berperilaku keagamann yang terpuji. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tawadhu’ pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk? 2) Bagaimana peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tasamuh’ pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk? 3) Bagaimana peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan istiqomah pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tawadhu’ pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tasamuh’ pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk. 3) Untuk mendeskripsiskan peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan istiqomah pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan ditinjau dari segi pendekatan yaitu menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah keikutsertaaan, menemukan sikluk kesamaan data, dan ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tawadhu’ pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk yaitu: a) Peran guru sebagai motivator, buktinya dengan selalu memberikan pembiasaan kepada santri melalui berbagai motivasi-motivasi di dalam kelas untuk bersikap sopan, santun, ramah, mengucapkan salam, dan selalu murah senyum. b) Peran guru sebagai pembimbing, buktinya dengan selalu memberikan bimbingan untuk saling tegur sapa sesama temannya, berjabat tangan dengan mencium tangan gurunya baik ketika mulai masuk kelas sampai keluar kelas sampai proses belajar selesai. c) Peran guru sebagai penasehat, buktinya dengan selalu memberikan nasehat kepada santri yang tidak berperilaku sopan kepada gurunya dan teman-temannya lalu memberikan pengarahan kepada santri untuk berperilaku tawadhu’ pada orang tua, guru dan teman-teman karena perilaku tawadhu’ adalah salah satu perilaku terpuji. 2) Peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tasamuh’ pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk yaitu: a) Peran guru sebagai pembimbing, buktinya dengan guru memberikan bimbingan untuk berperilaku tasamuh’ atau saling menghargai sesama santri di TPQ Al Ikhlas agar dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama. b) Peran guru sebagai motivator, buktinya dengan guru memberikan motivasi untuk membiasakan saling menghargai sesama santri seperti tidak membeda-bedakan santri miskin dan kaya, tidak berkelahi dan tidak mengolok-ngolok dengan nama orang tua santri. c) Peran guru sebagi pengawas, buktinya guru sering memantau para santri nya ketika di TPQ agar saling menghargai sesama santri dan tidak berantem atau berkelahi dengan para santri di TPQ Al Ikhlas. Jika ada yang tidak menghargai temannya maka guru memberikan ta’zir atau hukuman kepada santri seperti menghafal surah-surah pendek, membaca Al-Qur’an dan membersihkan kelas yang ada di TPQ Al Ikhlas. d) Peran guru sebagai penasehat, buktinya dengan guru memberikan nasehat dan arahan kepada santri bahwa berperilaku tasamuh’ sangat penting bagi kita agar mempererat tali silaturahmi antar sesama. 3) Peran guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan istiqomah pada santri di TPQ Al Ikhlas Gemenggeng Pace Nganjuk yaitu: a) Peran guru sebagai suri tauladan, buktinya dengan guru memberikan contoh bahwa guru mengajar para santrinya dengan istiqomah agar menapai tujuan yaitu menjadikan para santri sebagai generasi muda yang berilmu dan berakhlak mulia dan juga tidak melupakan kewajiban sebagai santri untuk mengikuti sholat berjamaah magrib di masjid dekat TPQ sebelum proses belajar mengajar dimulai. Sehingga para santri mau berantusias untuk belajar dengan sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan mengikuti pelaksanaan shalat berjamaah. b) Peran guru sebagai motivator, buktinya dengan guru memberikan memotivasi-motivasi cerita para ulama dan kiyai terdahulu yang berkaitan dengan istiqomah agar para santri bersemangat dalam menuntut ilmu dan selalu mengingatkan dan mengawasi para santri untuk melakukan nderes (membaca Al-Qur’an) agar bacaannya lancar. c) Peran guru sebagai penasehat, buktinya dengan guru memberikan nasehat dan arahan agar para santri tidak bolos dan beristiqomah dalam menuntut ilmu untuk masa depan dirinya sendiri dan selalu konsisten dalam mengikuti sholat berjamaah setiap harinya

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183354 BAIHAQQI
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:18
Last Modified: 20 Jul 2022 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27915

Actions (login required)

View Item View Item