KREATIVITAS GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK

JONI ISKANDAR, 12201183396 (2022) KREATIVITAS GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘‘Kreativitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Trenggalek’’ ini ditulis oleh Joni Iskandar, NIM. 12201183396, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Tulungagung, Pembimbing Mohammad Ja’far Ashodiq, S.Kom., M.Pd.I NIP. 8126857733488814. Kata kunci: Kreativitas Guru, Sejarah Kebudayaan Islam Kreativitas guru di MAN 1 Trenggalek sudah terbilang kreatif dalam pembelajarannya, terutama guru Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam pembelajarannya guru mampu mengelola kelas dengan baik dan membuat pembelajaran dikelasnya menjadi menarik. Namun, pada dasarnya masih terdapat pula peserta didik yang jarang sekali minat ataupun suka dengan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini disebabkan kurangnya daya ingat dan pemahaman anak didik terhadap materi Sejarah Kebudayaan Islam. Maka dari itu, guru dituntut untuk kreatif dalam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengembangkan metode untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana kreativitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menggunakan media untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana guru Sejarah Kebudayaam Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian terletak di MAN 1 Trenggalek. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ebservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Kreativitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengembangkan metode untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek meliputi, Dalam mengembangkan metode pembelajaran guru harus mempunyai dua metode atau lebih sesuai dengan kondisi saat itu. Dalam memilih metode guru memperhatikan berbagai faktor yakni a) menyesuaikan dengan kondisi atau karakteristik siswa, b) tujuan pembelajaran, c) materi yang akan disampaikan. (2) Kreativitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menggunakan media untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek meliputi, Dalam memilih dan menentukan media pembelajaran guru terlebih dahulu memperhatikan beberapa kriteria yakni a) sumber setempat, b) dana yang tersedia, c) faktor yang menyangkut keluwesan, d) kepraktisan dan ketahanan media. (3) Kretivitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatakan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek meliputi, Dalam menentukan atau mengelola kelas harus memperhatikan berbagai aspek yakni, a) pengelolaan kelas secara kondusif dan nyaman, b) teknik dalam memberikan arahan atau tujuan pembelajaran, c) memberikan bentuk kegiatan yang memotivasi peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183396 Joni Iskandar
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:55
Last Modified: 01 Aug 2022 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27916

Actions (login required)

View Item View Item