BINTI FARIDATUL KHUSNA, 12207183052 (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI PADA ERA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesional Tenaga Pendidik di MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada Era Pandemi Covid-19”, ini ditulis oleh Binti Faridatul Khusna, NIM. 12207183052. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nurul Hidayah, M. Ag, NIP. 197305072000031001. Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Profesionalisme Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fakta lapangan kondisi realita menunjukkan operasional kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya ditopang dengan profesionalisme tenaga pendidik. Rendahnya profesionalisme tenaga pendidik dapat dilihat dari fakta lapangan kurang efektifnya operasional kegiatan pembelajaran yang berimbas pada lulusan Pendidikan yang memiliki kualifikasi pengetahuan, kerampilan dan keahlian yang cenderung rendah. Dikarenakan belum maksimal dalam penguasaan materi ajar secara mendalam dan luas, selain itu tenaga pendidik banyak yang belum menerapkan metode, maupun teori pembelajaran secara kolaboratif, sehingga kegiatan pembelajaran yang disajikan dan diciptakan belum sesuai dengan harapan apalagi di kondisi pandemic covid-19 seperti saat ini. Diamana dalam hal ini perlunya optimalisasi strategi-strategi kepala madrasah dalam peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di era pandemic covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dalam hal penguasaan materi pelajaran di MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada era pandemic Covid-19, (2) Mengetahui Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme Tenaga pendidik dalam hal penguasaan dan penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan di MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada era pandemic covid-19, (3) Mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dalam hal penguasaan proses- proses kependidikan, keguruan dan pembelajaran siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada era pandemic covid-19. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Dengan metode pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisi data dengan menggunakan tiga alur, yakni: dari reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Pengecekan keabsahan data dengan: uji kredebilias, transferability, dependability, dan konfirmability. Dari hasil penelitian ini mengungapkan tiga hal, yaitu: (1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dalam hal penguasaan materi pelajaran di MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada era pandemic Covid-19 ialah sebagai berikut: (2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme Tenaga pendidik dalam hal penguasaan dan penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan di MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada era pandemic covid-19. (3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dalam hal penguasaan proses-proses kependidikan, keguruan dan pembelajaran siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada era pandemic covid-19. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah, Guna meningkatkan penguasaan tenaga pendidik terjhadap materi pelajaran, Adapun dalam peningkatan penguasaan dan penghayaran landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan seorang tenaga pendidik, kepala madrasah meningkatkan landasan filosofis, psikologis dan juga sosiologis melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di madrasah. Serta dalam meningkatkan penguasaan proses-proses kependidikan, keguruan dan pembelajaran siswa seorang tenaga pendidik, kepala madrasah memberikan penghargaan bagi tenaga pendidik yang berprestasi dalam Menyusun RPP, juga menyediakan tutor penyususnan RPP, mengikutsertakan pendidik dalam kegiatan kepanitiaan, juga mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi rutin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183052 BINTI FARIDATUL KHUSNA |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 05:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 05:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27929 |
Actions (login required)
View Item |