ILMA MASTHUROH, 12205183095 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD ISLAM AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (887kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
Abstract
Skripsiْۗdenganْۗjudulْۗ“Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Islam Al-Hidayah Samir Tulungagung”ْۗiniْۗditulisْۗolehْۗIlmaْۗMasthuroh,ْۗNIM.ْۗ12205183095,ْۗJurusanْۗ Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr.ْۗHj.ْۗElfiْۗMu’awanah,ْۗS.Ag.,ْۗM.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia Dalam proses kegiatan belajar mengajar motivasi belajar siswa dapat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran, tetapi tidak semua siswa memiliki motivasi yang sama dalam pembelajaran Bahasa indonesia, untuk itu peran seorang guru sangatlah penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sesuai dengan kasus yang terjadi di SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung kelas III masih terdapat siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait peran guru sebagai pendidik, motivator dan fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia kelas III SD Islam AlHidayah Samir Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Islam Al-Hidayah? 2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Islam Al-Hidayah? 3) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Islam Al-Hidayah? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. jenis penelitian yang digunakan bersifat deskritif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu menggunakan metode serta strategi pembelajaran yang beragam memberikan tugas, memberikan nilai, mengadakan ulangan menguasai materi pembelajaran, menjadi teladan . 2) peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu memberikan kata-kata semangat, memberikan pujian , memberikan hadiah, mengenal siswanya dengan baik 3) peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu menyediakan perangkat pembelajaran menempatkan diri sebagai mitra bukan atasan, menggunakan media pembelajaran, memberikan buku pembelajaran yang memadai, memberikan sarana dan prasarana yang memadai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183095 ILMA MASTHUROH |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 06:29 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27941 |
Actions (login required)
View Item |