STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PASCA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

ALFI ROIZATUL FITRIA, 12205183153 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PASCA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Setelah Pandemi Covid-19 di Indonesia berangsur-angsur mereda, sistem pembelajaran pun perlahan berubah. Perubahan ini tidak jarang menimbulkan masalah terkait motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran karena mempengaruhi kemauan siswa untuk belajar. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa kelas III pasca masa pandemi Covid 19 di MI Darussalam Wonodadi Blitar. 2) Mendeskripsikan Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa kelas III pasca masa pandemi Covid 19 di MI Darussalam Wonodadi Blitar. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca masa pandemi Covid-19 di MI Darussalam Wonodadi Blitar beserta solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah MI Darussalam Wonodadi Blitar. Data diperoleh dari guru kelas III, guru fiqih kelas III, siswa kelas III dan beberapa dokumen penunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif oleh miles dan huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa kelas III pasca masa pendemi Covid-19 di MI Darussalam Wonodadi Blitar adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, memberikan nasehat dan pujian serta membentuk suasana belajar kompetitif. 2) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa kelas III pasca masa pendemi Covid-19 di MI Darussalam Wonodadi Blitar adalah dengan menciptakan suasana belajar kondusif, melakukan ice breaking di sela-sela pembelajaran, tidak membebani siswa dengan banyak tugas dan melibatkan peran orang tua. 3) faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III pasca masa pandemi Covid-19 di MI Darussalam Wonodadi Blitar adalah dukungan orang tua siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah dari diri siswa sendiri dan penyalah gunaan media sosial oleh siswa. Solusi yang dilakukan guru adalah adalah dengan memberikan punishment terhadap siswa yang bandel berupa teguran hingga hukuman kognitif, memberikan masukan pada orang tua tentang bahaya penyalah gunaan media sosial bagi anak dan memberikan respon sesuai masalah yang timbul selama pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183153 ALFI ROIZATUL FITRIA
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:32
Last Modified: 28 Jul 2022 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27961

Actions (login required)

View Item View Item