STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TERPUJI PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 3 TULUNGAGUNG

SITI ZULFATUL HAA IDAH, 12205183157 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TERPUJI PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Terpuji Peserta Didik melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Zulfatul Haa Idah, NIM 12205183157, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2022, Dosen Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Penanaman, Sikap Terpuji Penelitian dilakukan di MIN 3 Tulungagung yang merupakan Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang sangat mengutamakan pembentukan sikap. Selain itu berbagai prestasi Akademin dan Non Akademik pernah diraih oleh sekolah ini. Progam yang baik dalam menciptakan atau menghasilkan peserta didik yang unggul dalam agama maupun sosial, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mempercayakan pendidikan anaknya di MIN 3 Tulungagung. Namun, pada kenyataannnya yang ada di lapangan, pelajaran Akidah Akhlak kurang di minati peserta didik karena dipandang kurang menyenangkan dan membosankan. Tetapi pada lokasi penelitian ini seorang guru Akidah Akhlak mampu menarik perhatian peserta didiknya dengan cara penyampaian materi dengan strategi penyampaian, strategi pengorganisasian dan strategi pengelolaan materi berdasarkan teori Reigeluth. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi penyampaian guru akidah akhlak dalam menanamkan sikap terpuji di MIN 3 Tulungagung? 2) Bagaimana strategi pengorganisasian guru akidah akhlak dalam menanamkan sikap terpuji di MIN 3 Tulungagung? 3) Bagaimana strategi pengelolaan materi guru akidah akhlak dalam menanamkan sikap terpuji di MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tulungagung. Sumber data diperoleh dari Guru Akidah Akhlak, kepala sekolah, waka kurikulum, peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan, Pertama: Strategi Penyampaian terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu: 1) Media pembelajaran, menggunakan media berbasis manusia, media berbasis audio visual, media berbasis cetakan. 2) Interaksi peserta didik dengan media pembelajaran menggunakan pola strategi penunjukan gambar antara baik dan buruk (example non example), peserta didik menjadi sangat antusias belajar dan membuat interaksi antara peserta didik dengan guru menjadi lebih dekat. 3) Bentuk (struktur) belajar mengajar menggunakan bentuk kelompok dengan pola diskusi dan individu dengan pola tugas mandiri. Kedua: Strategi pengorganisasian pembelajaran guru dibagi menjadi 2 (dua), yaitu: 1) Strategi mikro menggunakan konsep bercerita pengalaman. 2) Strategi makro menggunakan konsep komunikasi yang baik dan konsep pendekatan keteladanan. Ketiga: Strategi pengelolaan materi dibagi menjadi 4 (empat), yaitu: 1) Penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran guru dilakukan dengan metode ceramah dan tayangan video dari YouTube. 2) Pembuatan catatan kemajuan belajar peserta didik dilakukan guru dengan memberi penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan dan melalui buku penghubung. 3) Pengelolaan motivasional dilakukan guru dengan cerita kisah. 4) Kontrol belajar dilakukan guru dengan memberikan perjanjian belajar (kontrak belajar) dan melalui buku penghubung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183157 SITI ZULFATUL HAA IDAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:25
Last Modified: 21 Jul 2022 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27969

Actions (login required)

View Item View Item