KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI MAN 8 JOMBANG

ZUKHRUFAH LAILATUN NUSHOBAH, 12207183067 (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI MAN 8 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

ABSTRAK Zukhrufah Lailatun Nushobah, NIM: 12207183067. 2022. “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik di MAN 8 Jombang”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan, Mutu Peserta Didik Lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan mutu peserta didik yang terbaik sehingga mampu bersaing dan dapat diterima oleh masyarakat sesuai dengan kemajuan zaman. Oleh karena itu, madrasah harus berjuang untuk meningkatkan mutu peserta didik. Untuk mengatasi semua permasalahan yang terjadi dalam proses peningkatan mutu peserta didik di madrasah diperlukan kepemimpinan kepala madrasah agar permasalahan mengenai mutu peserta didik dapat terselesaikan. Peserta didik di madrasah ini memiliki keunggulan dalam hal prestasi baik akademik maupun non akademik, kemampuan mengembangkan potensi diri dalam bidang keterampilan dengan sangat baik. Dengan adanya kepemimpinan kepala madrasah dari tahun ke tahun input, proses dan output peserta didik yang dihasilkan meningkat. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengangkat penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) Untuk mengetahui kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di MAN 8 Jombang. (2) Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan kebijakan peningkatan mutu peserta didik di MAN 8 Jombang. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di MAN 8 Jombang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data berupa deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu trianggulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan ketekunan pengamat melalui observasi.. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Beberapa kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik mulai dari input, proses pendidikan dan output peserta didik. (2) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan kebijakan peningkatan mutu bagi peserta didik menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, dengan pendekatan yang dilakukan yakni pendekatan secara perilaku dan pendekatan transformasional. (3) Kepala madrasah menggunakan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi kebijakan peningkatan mutu peserta didik melalui kegiatan rapat tiap minggunya bersama dengan pimpinan madrasah untuk mengetahui kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan ini untuk dicari solusi cara mengatasinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zukhrufah 12207183067 Lailatun
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:53
Last Modified: 20 Jul 2022 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27970

Actions (login required)

View Item View Item