AWWALIYA NUR HALIMAH, 12205183116 (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 5 PONOROGO. [ Skripsi ]
Text
COVER..pdf Download (733kB) |
||
|
Text
ABSTRAK..pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I..pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB II..pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
BAB III..pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
Text
BAB IV..pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
||
Text
BAB V..pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
BAB VI..pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Ponorogo” ini di tulis oleh Awwaliya Nur Halimah, NIM 12205183116, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Efektivitas, Media Audiovisual Video, Minat Belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa yang rendah serta kurangnya semangat dalam belajar khususunya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Demikian tingkat ketertarikan siswa dalam belajar akan jauh lebih tinggi jika dengan menggunakan bantuan berupa media audiovisual. Fokus penelitian dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media audio visual video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Ponorogo?, (2) Bagaimana keefektifan penggunaan media audio visual video dalam pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Ponorogo?, (3) Apa Saja Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media audio visual video dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 5 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data-datanya yaitu dengan metode observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan Triangulasi. Sedangkan Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V, Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan Kepala Sekolah MIN 5 Ponorogo. Temuan Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media audiovisual video dalam pembelajaran SKI di MIN 5 Ponorogo dilaksanakan sesuai jadwal pelajaran, yakni mulai dari persiapan pembuatan RPP, pemilihan media audiovisual video yang sesuai dengan materi, serta persiapan perlengkapan media sekaligus pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. (2) Pelaksanaan pembelajaran SKI lebih efektif apabila dengan menggunaan media audiovisual khususnya video, karena media tersebut menampilkan tontonan yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat serta semangat siswa dalam belajar di dalam kelas, (3) Terdapat beberapa faktor yakni faktor pendukung dan juga faktor penghambat. Salah satu faktor pendukungnya adalah terciptanya susana kelas yang kondusif, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu karena adanya kekurangan dalam kelengkapan sarana-prasarananya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | awwaliya halimah |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 05:09 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 05:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27978 |
Actions (login required)
View Item |