LATIFATUL MA'IDAH, 12204183305 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP MUALLIMIN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (610kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Hands On Activity terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Muallimin Blitar” ditulis oleh Latifatul Ma’idah, NIM. 12204183305 pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Hands On Activity (HOA), motivasi belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai materi segiempat dan segitiga dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena cara guru menyampaikan materi menggunakan metode konvensional yang bersifat monoton dan hanya berpusat pada guru. Selain itu guru belum menguasai metode pembelajaran lainnya yang sesuai kebijakan kurikulum 2013. Sehingga tak banyak dari siswa merasa bosan, mengantuk dan berbicara sendiri yang menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Hal ini juga dikarenakan siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan pelajaran yang paling sulit. Hal ini menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Sehingga peneliti menggunakan model Hands On Activity dimana nantinya siswa secara langsung memahami materi melalui aktivitas pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands on Activity terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands on Activity terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar. (3)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands on Activity terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Muallimin Blitar sebanyak 146 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan 31 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa. Data penelitian ini diambil dari hasil angket motivasi dan nilai Post-Test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model Hands On Activity terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar, (2) Ada pengaruh model Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Muallimin Kota Blitar, (3) Ada pengaruh model Hands On Activity terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183305 Latifatul Ma'idah |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:50 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27982 |
Actions (login required)
View Item |