PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP MUALLIMIN BLITAR

LATIFATUL MA'IDAH, 12204183305 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP MUALLIMIN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Hands On Activity terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Muallimin Blitar” ditulis oleh Latifatul Ma’idah, NIM. 12204183305 pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Hands On Activity (HOA), motivasi belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai materi segiempat dan segitiga dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena cara guru menyampaikan materi menggunakan metode konvensional yang bersifat monoton dan hanya berpusat pada guru. Selain itu guru belum menguasai metode pembelajaran lainnya yang sesuai kebijakan kurikulum 2013. Sehingga tak banyak dari siswa merasa bosan, mengantuk dan berbicara sendiri yang menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Hal ini juga dikarenakan siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan pelajaran yang paling sulit. Hal ini menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Sehingga peneliti menggunakan model Hands On Activity dimana nantinya siswa secara langsung memahami materi melalui aktivitas pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands on Activity terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands on Activity terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar. (3)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands on Activity terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Muallimin Blitar sebanyak 146 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan 31 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa. Data penelitian ini diambil dari hasil angket motivasi dan nilai Post-Test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model Hands On Activity terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar, (2) Ada pengaruh model Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Muallimin Kota Blitar, (3) Ada pengaruh model Hands On Activity terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Muallimin Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183305 Latifatul Ma'idah
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:50
Last Modified: 20 Jul 2022 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27982

Actions (login required)

View Item View Item