FI`LIYATUL KHUSNA, 12210183046 (2022) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (138kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan berbahasa yang meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis memiliki keterkaitan satu sama lain dan saling melengkapi dalam kegiatan belajar mengajar tolak ukur seseorang mampu dalam sebuah bidang ilmu dapat dilihat dari seberapa banyak orang tersebut membaca buku untuk itu para penulis yang hebat selalu gemar membaca banyak buku sebagai bahan referensi mereka. Dengan di bantu kemampuan menulis yang baik seseorang akan mampu menuangkan ide, gagasan, pesan, maupun perasaan yang dimilikinya. Sangat di sayangkan dalam survey internasional di ketahuai bahwa Negara Indonesia mempunyai minat baca yang rendah. Maka dari iti tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan hubungan antara minat baca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilakukan terhadap sampel untuk mengukur hubungan antara minat baca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII-G yang dipilih menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks dan kuesioner untuk mengetahui minat baca siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan rumus korelasi menggunakan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian ini didasarkan pada pengkorelasian antara variabel minat baca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas VII SMPN 3, yang kemudian diperoleh rhitung sebesar 0,716. Selanjutnya, dianalisis menggunakan rumus korelasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat hubungan minat baca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas VII SMPN 3 pada taraf signifikan tertentu. Adapun nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0, 934 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183046 FI’LIYATUL KHUSNA |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:57 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27984 |
Actions (login required)
View Item |