KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUASAAN MATERI, PEMANFAATAN MEDIA, DAN PENGGUNAAN METODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

WIJAYANTI SHOLIHAH, 12201183288 (2022) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUASAAN MATERI, PEMANFAATAN MEDIA, DAN PENGGUNAAN METODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak dalam Penguasaan Materi, Pemanfaatan Media dan Penggunaan Metode untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Wijayanti Sholihah, NIM. 12201183288, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung, 2021, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya tuntutan guru khususnya guru mata pelajaran Akidah Akhlak yang harus memiliki sebuah kompetensi professional dalam menguasai materi pelajaran secara mendalam. Serta penggunaan media dan metode juga hrus beraneka ragam. Jika hal tersebut telah dikuasai oleh seorang guru, maka sebuah pembelajaran akan berlangsung secara menarik serta dapat mencapai tujuan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung?, 2) Bagaimana kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung?, dan 3) Bagaimana kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung, dan 3) Untuk mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui beberapa langkah, diantaranya: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, dan memperpanjang waktu kehadiran observasi. Hasil penelitian ini: 1) Guru melakukan peningkatan pengetahuan secara mandiri untuk menguasai materi dengan memperbanyak membaca buku-buku, mengikuti diklat mata pelajaran, dan diikuti dengan diskusi dengan teman sejawat. Selain itu, sebagai seorang guru Akidah Akhlak yang professional dengan menguasai materi yang luas dan mendalam sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya mampu merancang materi pembelajaran dengan memilih bahan ajar yang merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dengan merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan memberikan penjelasan yang logis disertai dengan contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. 2) Guru menggunakan berbagai media, diantaranya: papan tulis, modul, LCD dan laptop. Penggunaan media harus melalui pemilihan dengan mengacu pada prinsip-prinsip tertentu yang harus dipenuhi. Pemilihan media yang tepat sangat mempengaruhi sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Dengan memilih media yang tepat dan bervariasi maka peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga akan mempengaruhi hasil belajar. 3) Guru menggunakan berbagai macam metode, diantaranya: metode ceramah, diskusi, penugasan, Tanya jawab, demonstrasi dan bimbingan teman sejawat. Dalam pemilihan metode juga melalui beberapa tahap yang di dalamnya meliputi: penyesuaian dengan materi pelajaran, sesuai dengan karakter peserta didik, sesuai dengan kondisi kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 12201183288 WIJAYANTI SHOLIHAH
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:17
Last Modified: 20 Jul 2022 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27993

Actions (login required)

View Item View Item