PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MIN 1 TULUNGAGUNG

ELIS BERTI RIANI, 12205183011 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Elis Berti Riani, NIM. 12205183011, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci : Pengaruh, model pembelajaran probing prompting, keaktifan, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat siswa dalam belajar fiqih, model pembelajaran yang digunakaan masih monoton, dan kurangnya interaksi guru dengan siswa. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara aktif, efektif, dan menyenangkan sehingga dapat mudah memahami materi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MIN 1 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung? (2) adakah pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung? (3) adakah pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji normalitas dan homogenitas, sedangkan analisis akhir menggunakan uji MANOVA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Banyaknya sampel pada penelitian ini yaitu 70 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai t_(hitung ) sebesar 2.027 dengan df sebesar 68, dan nilai t_(tabel ) sebesar 1.667 pada taraf 5% dapat disimpulkan bahwa nilai t_(hitung ) lebih besar dari pada nilai t_(tabel ), karena t_(hitung )> t_(tabel ) (2.027 >1.667) dan signifikansi <0.05 (0.047<0.05), H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung, (2) nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh pada Pair 1 dan Pair 2 sebesar 0.000 dengan taraf signifikansi 5% (Sig.(2-tailed) 0.000<0.05), H_a ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung. (3) hasil analisis data uji Multivariate Test diperoleh f_hitung = 4.235 dengan f_tabel = 3.13 pada taraf signifikansi 0.05 dan nilai dari Pillace Trace, Wilk Lamda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root memiliki sig. 0.019, karena f_(hitung )> f_(tabel ) (4.235>3.13) dan sig. <0.05 (0.019<0.05), maka H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Riani Elis Berti
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:04
Last Modified: 21 Jul 2022 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28000

Actions (login required)

View Item View Item