UMI ZULIFAH NUR HASANAH, 12205183017 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA SDI AS-SYAFI’AH PONDOK MOJOSARI NGEPEH LOCERET NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (672kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) | Preview |
Abstract
Didalam dunia pendidikan, akhlak sangat dibutuhkan oleh peserta didik terutama pada anak yang baru saja memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Akhlak yang kurang maksimal dalam dunia pendidikan dapat mengakibatkan kegelisahan bagi lembaga pendidikan serta para orang tua. Maka dari itu lembaga pendidikan merekomendasikan pemebelajaran kitab kuning sebagai strategi guru dalam meningkatkan akhlak pada peserta didik. Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan implementasi pembelajaran kitab kuning dalam membentuk akhlakul karimah siswa SDI As-Syafi‟ah Pondok Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dalam membentuk akhlakul karimah siswa SDI As-Syafi‟ah Pondok Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk?; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning dalam membentuk akhlakul karimah siswa SDI As-Syafi‟ah Pondok Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluasi pembelajaran kitab kuning dalam membentuk akhlakul karimah siswa SDI As-Syafi‟ah Pondok Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk. Jenis dari penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data digunakan adalah ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran kitab kuning di SDI As�Syafi‟ah ini merupakan pemebelajaran (mulok) muatan loka yang perencanaan pembelajarannya tidak sedetail perencanaan pembelajaran umum. Selain itu pemilihan guru, metode dan juga kitab itu harus tepat agar sesuai tujuan yang diharapkan. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning itu menggunakan metode khas pesantren yakni, metode bandongan, sorogan dan hafalan. Respon siswa 75% positif dan 25% negatif terhadap pemebelajaran kitab kuning. Dalam proses pembelajaran kitab kuning itu hampir sama seperti pembelajaran pada umunya yakni pembukaan, inti dan penutup. 3) Evaluasi pemebelajaran kitab kuning yakni, tanya jawab, praktek dan juga ulangan harian sebagai bentuk pembiasaan siswa dalam membentuk akhlak siswa seperti, berjalan menunduk dengan orang yang lebih tua darinya, berwhudu sebelum berangkat sekolah, membaca Juz 'Amma, melaksanakan solat dhuha, dan hal-hal kecil lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183017 UMI ZULIFAH NUR HASANAH |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28001 |
Actions (login required)
View Item |