STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE THORIQOTY PADA SISWA DI SD ISLAM DARUL QUR’AN KANIGORO KRAS KEDIRI

WULAN ANGGRAINI, 12205183318 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE THORIQOTY PADA SISWA DI SD ISLAM DARUL QUR’AN KANIGORO KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Pada zaman sekarang ini dalam dunia pendidikan di lingkup sekolah, siswa lebih berfokus terhadap pembelajaran umum atau lebih banyak menerima materi pembelajaran umum saja. Padahal terdapat aspek lain yang tidak boleh ketinggalan dalam dunia pendidikan. Aspek yang sekarang ini kurang mendapat perhatian dalam dunia pendidikan yakni pendidikan agama islam dalam konteks membaca Al-Qur’an secara fasih, baik, dan benar sesuai dengan pedoman yang terdapat dalam ilmu tajwid. Terdapat sebuah metode untuk memudahkan membaca Al�Qur’an secara baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid, metode tersebut adalah metode thoriqoty. Karena hal tersebutlah peneliti tertarik untuk membahasnya dalam pembuatan karya ilmiah berupa skripsi dengan judul Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Thoriqoty Pada Siswa Kelas 3 Di SD Islam Darul Qur’an Kanigoro Kras Kediri. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode thoriqoty dalam mengoptimalkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SD Islam Darul Qur’an Kanigoro Kras Kediri? (2) Bagaimana implementasi metode thoriqoty dalam mengoptimalkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SD Islam Darul Qur’an Kanigoro Kras Kediri? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode thoriqoty pada siswa di SD Islam Darul Qur’an Kanigoro Kras Kediri?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode thoriqoty, mendeskripsikan implementasi metode thoriqoty, dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung metode thoriqoty dalam mengoptimalkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan metode thoriqoty meliputi menentukan metode tersebut, pelatihan terhadap ustad/ustadzah, dan membuat perangkat pembelajaran (2) Implementasi metode thoriqoty meliputi pembukaan, apersepsi, pemahaman konsep, pemahaman keterampilan, dan penutup (3) Faktor penghambat dan pendukung kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode thoriqoty meliputi faktor psikologis, fisiologis, lingkungan, dan intelektual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183318 WULAN ANGGRAINI
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:20
Last Modified: 21 Jul 2022 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28007

Actions (login required)

View Item View Item