DY AJENG AFRILIA ROUDLOTUL JANNAH, 12205183086 (2022) STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI MI AL AZIZ JATI SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (606kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik di MI Al Aziz Jati Sawahan Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Dy Ajeng Afrilia Roudlotul Jannah, NIM. 12205183086, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Satu Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. M. Muh. Nurul Huda, M. A Kata Kunci : Strategi Guru, Model Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penggunaan model pembelajaran merupakan salah satu aspek penting yang digunakan guru dalam memberikan strategi pembelajaran dan memberikan motivasi belajar pada peserta didik. Penggunaan model pembelajaran inkuiri adalah menjadikan dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam melakukan proses pembelajaran, peserta didik dituntut untuk dapat menemukan sendiri pengetahuannya, serta mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik. Dalam hal ini tugas guru pada peserta didik adalah memberikan motivasi agar selalu semangat dalam melakukan proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi : (1) Bagaimana strategi penyampaian guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik di MI Al Aziz Jati Sawahan Kabupaten Nganjuk ? (2) Bagaimana strategi pembelajaran kelompok guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik di MI Al Aziz Jati Sawahan Kabupaten Nganjuk ? (3) Bagaimana strategi pembelajaran individual guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik di MI Al Aziz Jati Sawahan Kabupaten Nganjuk. Dalam penelitian ini metodologi penelitian meliputi : (1) Jenis atau pola penelitian kualitatif deskriptif, 2) Sumber data : data primer dan data sekunder, (3) Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, (4) Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini meliputi : (1) Bagaimana strategi penyampaian guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik di MI Al Aziz Jati Sawahan Kabupaten Nganjuk yaitu adanya Bahan Ajar (LKS, Buku Paket dan Literasi Dasar Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan Sesi tanya Jawab kepada peserta didik. (2) Bagaimana strategi pembelajaran kelompok guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik di MI Al Aziz Jati Sawahan Kabupaten Nganjuk yaitu membimbing peserta didik dalam memotivasi belajar dan mengerjakan tugas, penggunaan metode tanya jawab, memberikan penghargaan. (3) Bagaimana strategi pembelajaran individual guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik di MI Al Aziz Jati Sawahan Kabupaten Nganjuk yaitu penggunaan modul, adanya peran guru, metode tanya jawab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183086 DY AJENG AFRILIA ROUDLOTUL JANNAH |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28017 |
Actions (login required)
View Item |