MANAJEMEN KESISWAAN SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

HANI AISYA SHINFIL HUSNA, 12207183090 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan Sekolah dalam Memotivasi Belajar Peseta Didik di SD Islam Al Azhaar” ini dtulis oleh Hani Aisya Shinfil Husna, NIM. 12207183090, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Motivasi Belajar Pendidikan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan suatu bangsa dalam menciptakan masa depan yang gemilang. Pendidikan akan mendukung pembentukan kualitas manusia apabila didukung adanya manajemen sekolah yang berkualitas. Melalui manajemen kesiswaan sekolah ataupun lembaga pendidikan diharapkan mampu mengatur segala kegiatan peserta didik yang pada dasarnya memiliki kondisi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Manajemen kesiswaan sekolah bukan hanya menerapkan pada pembelajaran saja, tetapi juga bakat dan minat peserta didik. Maka dari itu pihak sekolah harus memberikan dorongan motivasi kepada siswa dengan menyediakan layanan pendidikan yang menunjang belajar siswa. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yaitu SD Islam Al Azhaar Tulungagung sebagai objek penelitian. Di lembaga ini merupakan sekolah yang unggul dan favorit dengan banyaknya siswa yang daftar di sekolah tersebut, selain itu dalam pembinaan kesiswaan nya memiliki program proiritas ataupun unggulan sehingga peserta didik dapat mencapai prestasi yang baik. Hal inilan yang membuat peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Al Azhaar Tuungagung, (2) bagaimana kegiatan pelaksanaan kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar pesert didik di SD Islam Al Azhaar Tulungagung, (3) bagaimana evaluasi dari pelaksanaan kegiatan kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Jika dilihat dai sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian in menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarkan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan program kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. untuk mengetahui pelaksanaan program kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Untuk mengetahui bagaimana evaluasi program kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Hasil penelitian meliputi (1) perencanaan kegiatan kesiswaan dalam memotivasi peserta didik dimulai dengan merumuskan kegiatan yang akan dilakukan dalam satu tahun kedepan, penyusunan program kerja, perekrutan siswa baru, kegiatan pembinaan peserta didik, pengarahan dan pengendalian kegiata kurikuler maupun ekstrakurikuler. (2) pelaksanaan kegiatan kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar siswa meliputi: (a) pelaksanaan kegiatan kesiswaan yang sudah direncanakan, (b) workshop penyusunan silabus, perangkat pembelajara, model pembelajar sekaligus meriview RPP. (c) diadakan penyaluran bakat dan minat siswa. (d) melibatkan peserta didik memperoleh pengalaman melalui berbagai program kegiatan. (3) evaluasi kegiatan kesiswaan sekolah dalam memotivasi belajar peserta didik, meliputi: (a) guru guru membuat cacatan penilaian peserta didik (b) guru memberikan masukan terhadap hasil nilai perolehan peserta didik, baik secara klasikal ataupun individual setiap selesai melakukan penilaian hasil belajar peserta didik (c) setiap wali kelas memberikan penjelasan tentang nilai capaian peserta didik secara umum kepada wali murid saat pembagian rapor

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183090 HANI AISYA SHINFIL HUSNA
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:31
Last Modified: 21 Jul 2022 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28019

Actions (login required)

View Item View Item