PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI RIYADLOTUL UQUL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LUTVIANA KUMALASARI, 12205183090 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI RIYADLOTUL UQUL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

ABSTRAK Lutviana Kumalasari, NIM. 12205183090, Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi dan Minat Baca terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M.A., NIP. 197404082007101003. Kata Kunci: Pembelajaran Literasi, Minat Baca, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh realita masih banyaknya peserta didik di sekolah dasar yang kesulitan dalam memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan peserta didik masih kurang menguasai mata pelajaran Bahasa Indonesia, faktor tersebut diantaranya adalah karena metode pembelajaran yang cenderung monoton dan juga rendahnya minat baca yang dimiliki oleh peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan adanya pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam hal ini pembelajaran berbasis literasi mampu mengatasi permasalahan tersebut. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis literasi peserta didik mampu memahami informasi dalam teks dengan pengalaman pribadi, berpikir kritis dan mengolah kemampuan komunikasi secara kreatif. Berbagai cara membaca yang diterapkan dalam pembelajaran berbasis literasi juga berdampak pada ketrampilan membaca yang dimiliki oleh peserta didik, sehingga peserta didik mampu mencapai hasil belajar yang bagus dan memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Adakah pengaruh secara signifikan pembelajaran berbasis literasi terhadap hasil belajar peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh secara signifikan minat baca terhadap hasil belajar peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung? (3) Adakah pengaruh secara bersama pembelajaran berbasis literasi dan minat baca terhadap hasil belajar peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 177 peserta didik. Sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi berganda yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh secara signifikan pembelajaran berbasis literasi terhadap hasil belajar peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan thitung > ttabel (16,511 > 2,042) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh secara signifikan minat baca terhadap hasil belajar peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan thitung > ttabel (4,380 > 2,042) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh secara bersama pembelajaran berbasis literasi dan minat baca terhadap hasil belajar peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan Fhitung > Ftabel (132,856 > 2,92) maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183090 LUTVIANA KUMALASARI
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:08
Last Modified: 21 Jul 2022 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28020

Actions (login required)

View Item View Item