PEMBELAJARAN KRITIS TRANSFORMATIF PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DWI WULANDARI, 12205183118 (2022) PEMBELAJARAN KRITIS TRANSFORMATIF PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (450kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran kritis Transformatif pada Mata Pelajaran Tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung”ini di tulis oleh Dwi Wulandari, NIM. 12205183118, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kritis Tranformatif, Mata pelajaran Tematik Penelitian ini dilatar belakangi karena dalam pembelajaran tematik dijelaskan bahwa membebaskan peserta didiknya untuk belajar mata pelajaran yang saling berkaitan antara mata pelajaran satu dengan lainnya. Hal ini agar setiap peserta didik dapat dengan mudah mempelajari mata pelajaran yang diajarkan. Tetapi dalam fenomena yang ada dalam pendidikan saat ini, pendidik hanya sebatas transfer ilmu pengetahuan saja, tanpa memperhatikan karakteristik dari peserta didiknya. Padahal karakteristik dari peserta didik yang beragam akan menghasilkan potensi-potensi yang berbeda pula, tetapi pada pembelajaran kurang diperhatikan karena dalam hal pembelajaran terkadang yang paling bisalah yang dianggap dengan yang berpotensi dan berbakat. Sedangkan pada realitanya, karakteristik dari peserta didik juga perlu diperhatikan tanpa melihat latar belakang peserta didiknya. Karena dari karakteristik ini nanti akan memunculkan potensi baru dalam tiap peserta didik. Dalam hal tersebut tentunya pendidik mengupayakan suatu cara potensi peserta didik dapat muncul dan berkembang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis kesetaraan pada mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. Untuk mendeskripsikan pendidikan berbasis penggalian potensi pada mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. Untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis penyelesaian masalah pada mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis atau pola penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini yaitu Pembelajaran berbasis kesetaraan sangatlah penting karena berdampak pada hasil perkembangan peserta didik. Untuk itu pendidik dapat memposisikan siswa secara setara dalam belajar, melatik siswa dengan rasa senasib dan seperjuangan, menyadarkan siwa untuk bisa meraih keberhasilan belajar secara sama. Pembelajaran tak hanya berbasis pada kesetaraan saja, tetapi juga pada penggalian potensi yang ada pada peserta didik. Hal tersebut juga dilakukan oleh pendidik dengan melakukan seleksi pada tiap-tiap perlombaan,serta mengikut sertakan mereka yang sudah lolos pada tahap seleksi di tingkat madrasah. Selain itu, bagi peserta didik yang tidak lolos, akan digali terus potensi yang mulai muncul dalam diri peserta didik. Pembelajaran berbasis penyelesaian sudah diterapkan dalam setiap pembelajaran. Pembelajaran berbasis penyelesaian ini sangatlah penting, mengingat disetiap pembelajaran pasti ada beberapa siswa yang menghadapi suatu kendala. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil perkembangan peserta didik menjadi menurun, sehingga peran pendidik sangat diperlukan guna memotivasi peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183118 DWI WULANDARI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:56
Last Modified: 01 Aug 2022 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28023

Actions (login required)

View Item View Item