STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI PASCA PANDEMI COVID-19 DI SDN DELING KECAMATAN SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2021/2022

SITI KOLIFAH NOUR ANISAK, 12201183455 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI PASCA PANDEMI COVID-19 DI SDN DELING KECAMATAN SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal terpenting yang turut menentukan pembangunan bangsa dan negara. Di indonesia pendidikan mendapat prioritas dari pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas belajar manusia di Indonesia. Menjadi hak setiap anak bangsa untuk mendapatkan pendidkan baik pendidik secara formal ataupun non formal. Pendidikan memiliki tujuan yang sangat penting karena akan memberikan arah kepada suatu proses yakni usaha pendidikan dengan sadar untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Pendidikan Islam merupakan sub sistem dari pendidikan nasional pada hakekatnya bertujuan untuk menjadi hamba-nya menjadi beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana formulasi pembelajaran guru PAI pasca pandemi covid-19 di SDN Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru PAI pasca pandemi covid-19 di SDN Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro? (3) Apa evaluasi pembelajaran guru PAI pasca pandemi covid-19 di SDN Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) formulasi pembelajaran guru PAI pasca pandemi covid-19 di SDN Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, RPP, Silabus, KKM, mengupayakan ketercapaian tujuan pembeljaran, menerapkan metode-metode pembelajaran aktif, membimbing dan melatih secara emosional. (2) Pelaksanaan pembelajaran guru PAI pasca pandemi covid-19 di SDN Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro adalah memakai tiga kegiatan di dalamnya yaitu kegiatan awal menyiapkan siswa secara fisik dan psikis memberi motivasi dan memberi pertanyaan-pertanyaan materi sebelumnya dengan mengaitkan dengan materi yang akan dibahas menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai kegiatan inti menyampaikan materi dengan metode dan media yang sudah disiapkan memberi tugas dan penguat kepada siswa kegiatan akhir yaitu memberi kesimpulan mengevaluasi siswa terhadap materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya (3) Evaluasi pembelajaran guru PAI pasca pandemi covid-19 di SDN Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro adalah dengan melaksanakan evaluasi formatif, sumatif ragam penilaian kinerja, portofilio, tes tertulis, serta tes lisan untuk melihat sejauh mana kondisi kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183455 SITI KOLIFAH NOUR ANISAK
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:01
Last Modified: 01 Aug 2022 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28030

Actions (login required)

View Item View Item