PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG

SELVIA ANGGUN PERMATA, 12201183295 (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Al Ghozali Panjerejo Tulungagung” ini ditulis oleh Selvia Anggun Permata, NIM 12201183295, pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Fikih Penelitian dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang bersemangat dalam pembelajaran di sekolah karena kurangnya motivasi belajar yang timbul di dalam diri peserta didik. Perilaku tersebut juga dapat ditimbulkan karena kurangnya perhatian yang diberikan oleh Bapak Ibu guru dalam pembelajaran yang diterapkan saat di kelas sehingga siswa kurang fokus dan semangat dalam belajar. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih, seperti penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan kreativitas atau trobosan-trobosan yang dapat menarik siswa untuk ikut dalam pembelajaran. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Al Ghozali Panjerejo Tulungagung? (2) Apa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Al Ghozali Panjerejo Tulungagung? (3) Bagaimana solusi dari masalah yang menghambat penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Al Ghozali Panjerejo Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan subjek penelitiannya adalah guru Fikih, waka kurikulum, kepala Madrasah, dan peserta didik MTs Al Ghozali Panjerejo. Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih antara lain media visual yang berupa sketsa, kerangka atau alat peraga, media langsung yang berupa siswa, dan media lain berupa lembaran-lembaran kertas. (2) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambatpenggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih yaitu faktor yang menjadi pendukung penggunaan media pembelajaran itu adalah media itu sendiri. Sedangkan Faktor yang menjadi penghambat penggunaan media pembelajaran antara lain siswa itu sendiri tidak tertarik dengan media yang ditampilkan oleh Bapak Ibu guru, media itu akan tidak memungkinkan ditampilkan ketika proses belajar, dan kesanggupan, kemauan, dan kompetensi yang dimiliki oleh Bapak Ibu guru. (3) Solusi dari masalah yang menghambat penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih antara lain (a) Siswa itu sendiri tidak tertarik dengan media yang ditampilkan oleh Bapak Ibu guru solusinya kita sebagai guru memahami terlebih dahulu karakteristik setiap siswa sehingga timbul suatu jalan keluar media yang tepat digunakan, (b) Media itu akan tidak memungkinkan ditampilkan ketika proses belajar solusinya kita sebagai guru harus pandai memilih media yang dapat ditampilkan sehingga bisa dilihat maupun didengar oleh siswa, dan (c) Kesanggupan, kemauan, dan kompetensi yang dimiliki oleh Bapak Ibu guru solusinya dengan mengadakan pelatihan Bapak Ibu guru untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki dan memberikan semangat untuk berkreasi maupun berinovasi dalam mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183295 SELVIA ANGGUN PERMATA
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:43
Last Modified: 21 Jul 2022 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28031

Actions (login required)

View Item View Item