STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KETERAMPILAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI KELAS 1 SDI AL-HAKIM BOYOLANGU

FATIN AFIFAH, 12205183145 (2022) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KETERAMPILAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI KELAS 1 SDI AL-HAKIM BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Keterampilan Membaca Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi Kelas I Sekolah Dasar Islam Al-Hakim Boyolangu,” ditulis oleh Fatin Afifah, Nomor Induk Mahasiswa 12205183145, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd.,AIFO. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Keterampilan Membaca Motivasi keterampilan membaca merupakan keinginan untuk membaca yang disertai dengan rasa senang. Keterampilan membaca wajib dimiliki oleh seorang peserta didik sebagai kebutuhan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan, tanpa memiliki keterampilan membaca peserta didik akan kesulitan untuk mengikuti proses pembelajaran. Namun masa pandemi menyebabkan pembelajaran dilakukan secara terbatas, sehingga terdapat sebagian peserta didik kelas 1 di Sekolah Dasar Islam Al Hakim Boyolangu yang masih belum bisa membaca. Untuk itu dibutuhkan strategi yang tepat dari guru seperti penggunaan model, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi keterampilan membaca peserta didik. Macam-macam model pembelajaran membaca yaitu: a) Bottom-Up, b) Top-Down, c) Interatif. Sedangkan macam-macam metode membaca yaitu: a) Metode eja, b) Metode bunyi, c) Metode suku kata, d) Metode SAS (Structural, Analytic, Syntatic). Macam-maca media pembelajaran antara lain: a) Media grafis, b) Media audio visual, c) Media visual Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi penggunaan model pembelajaran oleh guru kelas dalam meningkatkan motivasi keterampilan membaca pada peserta didik di masa pandemi kelas 1 Sekolah Dasar Islam Al Hakim Boyolangu?, 2) Bagaimana strategi penggunaan metode pembelajaran oleh guru kelas dalam meningkatkan motivasi keterampilan membaca pada peserta didik di masa pandemi kelas 1 Sekolah Dasar Islam Al-Hakim Boyolangu?, 3) Bagaimana strategi penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas dalam meningkatkan motivasi keterampilan membaca pada peserta didik di masa pandemi kelas 1 Sekolah Dasar Islam Al-Hakim Boyolangu? Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Al Hakim Boyolangu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan motivasi keterampilan membaca peserta didik kelas 1 di masa pandemi di Sekolah Dasar Islam Al-Hakim yaitu model interaktif dan bottom up. Kemampuan siswa yang berbeda dan kurangnya dukungan dari orang tua menjadi kendala dalam penerapan model pembelajaran. 2) metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode suku kata untuk siswa yang belum mahir membaca. xiv Perbedaan metode membaca peserta didik di sekolah dan di rumah menjadi kendala dalam penerapan metode pembelajaran. Penggunaan metode didukung dengan adanya jam tambahan yang digunakan guru untuk menge-drill peserta didik yang belum lancar membaca dengan menggunakan metode suku kata agar cepat dalam menguasai keterampilan membaca. 3) media yang digunakan yaitu media flash card dan papan tulis. Kendala yang dihadapi kaitannya dengan media adalah waktu yang terbatas. Media sederhana tersebut disajikan guru dengan menarik sehingga peserta didik menjadi tertarik dan termotivasi untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183145 FATIN AFIFAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:10
Last Modified: 21 Jul 2022 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28032

Actions (login required)

View Item View Item