SAFRIDA AINU ROHMAH, 12211183047 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajarn Discovery Learning Berbantuan Vidio Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MAN 2 Blitar “ oleh Safrida Ainu Rohmah, NIM. 12211138047, Program Studi Tadris Fisika, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki motivasi belajar dan hasil belajar yang masih rendah, terutama pada mata pelajaran fisika. Model pembelajaran discovery learning diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar fisika, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan vidio terhadap motivasi belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X MAN 2 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan vidio terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X MAN 2 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan vidio terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi X MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen. Desain eksperimen yang dipilih pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Bentuk desain Quasi Eksperimen yang digunakan adalah Noneuivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN 2 Blitar dengan jumlah 122 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas X MIA 2 MAN 2 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dalah dengan menggunakan analisis uji-t (paired sample t-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan vidio terhadap motivasi belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X MAN 2 Blitar dengan memperoleh hasil uji T menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa ditolak dan diterima. (2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan vidio terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X MAN 2 dengan memperoleh hasil uji T menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa ditolak dan diterima. (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan vidio terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X MAN 2 Blitar dengan memperoleh hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa ditolak dan diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183047 SAFRIDA AINU ROHMAH |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:57 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28042 |
Actions (login required)
View Item |