MOH, SOBIRIN, BIRIN (2015) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA KEGIATAN KEISLAMAN DI MASYARAKAT (Studi Multi Situs di SMKN 1 Watulimo dan SMA Islam Watulimo Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
bab 1,2,3.pdf Download (787kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Download (504kB) |
||
|
Text
bab 5,6.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
4.DATA SITUS PENELITIAN.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
5.PEDOMAN WAWANCARA-DOKUMENTASI-OBSERVASI.pdf Download (19kB) |
||
Text
6.TRANSKRIP WAWANCARA.pdf Download (259kB) |
||
Text
7.KETERANGAN CODING WAWANCARA-OBSERVASI.pdf Download (233kB) |
||
|
Text
9.STRUKTUR ORGANISASI.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
10.DENAH LOKASI.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
11.BIODATA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
SAMPUL.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
SIP.COVER KOMPLIT.pdf Download (640kB) | Preview |
|
Text
SIP.DAFTAR ISI KOMPLIT.pdf Download (139kB) |
||
Text
SIP.COVER KOMPLIT.pdf Download (640kB) |
Abstract
ABSTRAK Sobirin. 2015. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Kegiatan Keislaman Masyarakat (Studi Multi Situs di SMKN 1 Watulimo dan SMA Islam Watulimo Trenggalek). Tesis. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Tulungagung. Pembimbing: 1) Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd 2) Dr. H. Zen Amirudin, M.Si Kata Kunci: Ekstrakurikuler Keagamaan, Kegiatan Keislaman Pendidikan memegang peranan strategis dalam menentukan kualitas suatu bangsa. Proses pendidikan membentuk, membina dan mengembangkan manusia, sehingga secara kualitatif memiliki kemampuan membangun rakyat dan negara. Pelaksanaan PAI di sekolah dihadapkan dua tantangan besar baik eksternal internal. Persoalan keagamaan perlu mendapatkan perhatian lebih dari semua komponen pendidikan, mengingat waktu penerapan secara khusus untuk PAI di sekolah relatif sempit. Sebagian pihak memang tidak mempersoalkan keterbatasan alokasi waktu tersebut. Namun, setidaknya memberikan isyarat pada pihak yang bertanggungjawab memikirkan pola pembelajaran agama di luar kegiatan formal. Sehingga kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sangat dibutuhkan implementasinya dalam peningkatan kegiataan keislaman siswa di masyarakat. Dari pemikiran ini, implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa pada kegiatan keislaman masyarakat sangat menarik dan unik, sejalan budaya religius masyarakat kita, utamanya mempersiapkan Generasi Emas 2045 yang digalakkan pemerintah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dikembangkan. 2) Bagaimana pengembangan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa pada kegiatan keislaman masyarakat. Tujuan dari penelitian sebagaimana jawaban atas fokus penelitian adalah mendeskripsikan permasalahan berkaitan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, sehingga memperoleh gambaran tentang: 1) Program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dikembangkan. 2) Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa kegiatan keislaman masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga validitas data, maka dilakukan cermat melalui diskusi sejawat, triangulasi data dan sumber data. Pelaksanaan penelitian melalui beberapa tahapan, yaitu pra lapangan, pekerjaan lapangan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dikembangkan mencakup doa rutin, tahlil manaqib, baca tulis Al-Qur’an dan Kitab Kuning, pengajian, Peringatan Hari Besar Islam, Pondok Ramadhan/Pesantren Kilat/Pasan, Bhakti/Safari Sosial, Wisata Dakwah, pengembagan kreatifitas/kreasi remaja muslim dan LDK. 2) Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan terhadap peningkatan kemampuan yakni: menanamkan keyakinan beragama, etika pergaulan, kebiasaan baik dan uswatun khasanah, mendorong kondisi sekolah kondusif, sekolah sistem madrasi dan Qur’ani, meningkatkan kerjasama dan silaturahim masyarakat, mengorganisasikan keanggotaan rohis, dan menempatkan urgensi peran pembina ekskul.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muhbirin birin birinpai |
Date Deposited: | 30 Nov 2015 02:23 |
Last Modified: | 30 Nov 2015 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2806 |
Actions (login required)
View Item |