Dina Ristiani, 12205183091 (2022) Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Anak di Masa Pandemi di Desa Depok Kecamatan Bendungan Trenggalek. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (718kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Anak di Masa Pandemi di Desa Depok Kecamatan Bendungan Trenggalek” ditulis oleh Dina Ristiani, NIM. 12205183091, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi, Prestasi, Pandemi Covid-19 Saat ini di Indonesia, diterapkan kebijakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau sekolah online di semua jenjang pendidikan. Desa Depok Kecamatan Bendungan Trenggalek merupakan salah satu daerah yang tak luput dari penerapan kebijakan ini. Di sekolah ini, peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) secara online sudah cukup baik, walaupun dalam pelaksanaannya belum bisa semaksimal mungkin. Sebagian wali murid, memberikan apresisasi ketika terjadi kendala baik pada peserta didik maupun faktor lainnya dalam melaksanakan pembelajaran. Para murid juga senang mengerjakan tugas yang diberikan pada mereka sehingga orang tua dapat turut mengevaluasi mereka dengan baik dan lancar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar anak di masa pandemi di Desa Depok Bendungan? (2) Bagaimana hambatan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar anak di masa pandemi di Desa Depok Bendungan? (3) Bagaimana evaluasi dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar anak di masa pandemi di Desa Depok Bendungan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada para wali murid di Desa Depok Bendungan Trenggalek. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar anak di masa pandemi di Desa Depok Bendungan adalah memberikan dorongan motivasi dan nasihat kepada anak, menyiapkan fasilitas pembelajaran jarak jauh untuk anak, dan menanamkan sikap bertanggung jawab kepada anak. (2) Hambatan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar anak di masa pandemi di Desa Depok Bendungan adalah kurang sabar dalam membimbing anak dalam belajar, kesulitan memahami materi, masalah jaringan internet, menurunnya semangat atau motivasi belajar siswa. (3) Evaluasi dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar anak di masa pandemi di Desa Depok Bendungan adalah dengan mengontrol emosi anak, mendampingi serta memperhatikan kondisi anak selama pembelajaran, bersikap tegas dan bijak dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran, serta menjadi teladan bagi anaknya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Sumber Daya Manusia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S.Pd. 12205183091 Dina Ristiani |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:11 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28079 |
Actions (login required)
View Item |