NAILUL KHOIRI, 12501185025 (2021) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM MEWUJUDKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kabupaten Blitar dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung). [ Disertasi ]
Text
COVER.pdf Download (697kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (492kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
Abstract
ABSTRAK Disertasi dengan judul “Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kiai dalam mewujudkan mutu lembaga pendidikan Islam (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Asrama Sunan Gunung jati Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Nailul Khoiri, dengan Promotor; Prof Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Prof Dr. Ahmad Tanzeh, M.PdI. Kata Kunci: implementasi, kepemimpinan transformasional, mutu pendidikan lembaga pendidikan Islam. Eksistensi lembaga pendidikan Islam di pesantren ditentukan oleh kepemimpinan kiai. Kiai sebagai pimpinan tertinggi pesantren dianggap sebagai wujud kepemimpinan ideal (al ulama waratsatul anbiya) yang dewasa ini mencoba ditakar dengan teori-teori kepemimpinan modern.. Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar dan Pondok Pesantren HM Sunan Gunungjati Ngunut Tulungagung dan merupakan pesantren yang memiliki lembaga pendidikan Islam yang berkualitas sebagai hasil dari Transformational Leadership Kiai.. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan jawaban dari empat pertanyaan mendasar; a) Bagaimana policy kiai dalam pembentukan kebijakan mewujudkan mutu pendidikan Islam?; b) Bagaimana pengordiniran kiai dalam mewujudkan mutu pendidikan Islam?; c) Bagaimana penggerakan kiai dalam mewujudkan mutu pendidikan Islam? dan; d) Bagaimana pembinaan kiai dalam mewujudkan mutu pendidikan Islam? di Pondok pesantren Nurul Ulum Blitar dan PPHM Sunan Gunungjati Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multi situs. Sumberdata informan, peristiwa/lokasi dan document. Tehnik penggumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan tehnik analisis data interaktif Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejatawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian; 1) Tahap pembentukan kebijakan (2) Pengordiniran (3) Penggerakan dan (4) Pembinaan. Hasil penelitian ini memperkuat sepenuhnya teori kepemimpinan transformasional Islam yang disampaikan oleh Al Mubarakfuri dan Al Ghazali bahwa prinsip utama dalam kepemimpinan Islam ajaran Rasulullah Saw adalah implementasi dari sifat shidiq, tabligh, amanah, fathonah, kharismatik, keyakinan diri yang kuat, komitmen tinggi, ketekunan, pekerja keras dan militan.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12501185025 NAILUL KHOIRI |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 10:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 10:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28104 |
Actions (login required)
View Item |