MOH. IHYAUDIN, 12204183136 (2022) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 di MAN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Moh Ihyaudin, NIM.12204183136, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes. Ph.D. Kata kunci: PISA, Kemampuan Literasi matematis, Menyelesaikan Soal, Motivasi Belajar. Kemampuan literasi matematis merupakan suatu kemampuan yang sangat penting agar dapat beradaptasi dengan abad 21. Kemampuan tersebut seperti yang diukur dalam PISA. Perolehan Indonesia dalam PISA menduduki peringkat rendah. Beberapa penyebabnya adalah kurangnya motivasi belajar. Dimana perbedaan motivasi belajar juga mengindikasikan perbedaan kemampuan literasi matematis siswa. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan literasi matematis juga berhubungan denga motivasi belajar. Fokus penelitian ini adalah mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika ditinjau berdasarkan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah di kelas XI MIPA 1 MAN 2 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dimulai dengan mengambil 6 siswa sebagai subjek penelitian 2 siswa mewakili tingkatan motivasi belajar. Selanjutnya pemberian tes tulis dan juga diadakan tes wawancara untuk memperkuat hasil dari tes tulis. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, kategorisasi data, dan sintesisasi. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut : Sebanyak 68% siswa pada kemampuan literasi matematis siswa dengan motivasi tinggi, sedang, maupun rendah mampu menyelesaikan persoalan matematika. Siswa mampu menyelesaikan level I dan level II dengan proses dan jawaban yang benar meskipun siswa dengan kode C1 dan C2 tidak menyelesaikan proses dengan benar namun jawaban dari siswa dengan kode tersebut benar. Pada level III sebanyak 51% siswa mampu menjawab persoalan matematika dengan benar serta proses yang semuanya benar atau sebagian prosesnya benar. Dan sebanyak 17% siswa mampu menyelesaikan persoalan matematika pada level IV dengan jawaban dan proses yang tepat. Pada persoalan matematika level V dan VI tidak ada siswa yang mampu menyelesaikan persoalan matematika tersebut serta siswa tidak memberikan jawaban dengan tepat dan proses yang tidak sesuai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183136 Moh. Ihyaudin |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28108 |
Actions (login required)
View Item |