PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII MTsN 6 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

HANNIF NUR QOLBIATI, 12204183101 (2022) PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII MTsN 6 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII MTsN 6 Blitar Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Hannif Nur Qolbiati, NIM. 12204183101, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas, Pemahaman, Hasil Belajar. Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika, yaitu peserta didik kurang mampu memahami materi matematika dengan baik dan benar sehingga hasil belajar tidak maksimal. Berdasarkan fakta dilapangan, salah satu penyebabnya adalah kreativitas yang masih tergolong rendah. Hal ini didukung dengan beberapa penelitian terdahulu yang memberikan hasil bahwa peserta didik yang memiliki kreativitas yang tinggi memiliki tingkat nilai yang unggul dalam pemahaman dan hasil belajarnya. Dengan demikian, pemahaman dan hasil belajar siswa memiliki keterkaitan yang erat dengan kreativitas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap pemahaman siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTsN 6 Blitar tahun ajaran 2021/2022, (2) untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTsN 6 Blitar tahun ajaran 2021/2022, dan (3) untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTsN 6 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen yaitu assosiatif/hubungan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 6 Blitar sebanyak 199 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dimana sampel diambil menggunakan tata cara pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengukur kreativitas siswa dan pemahaman siswa, serta metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan uji manova. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kreativitas siswa terhadap pemahaman siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTsN 6 Blitar tahun ajaran 2021/2022, dengan nilai signifikansinya sebesar 0,007, (2) Ada pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTsN 6 Blitar tahun ajaran 2021/2022, dengan nilai signifikansinya sebesar 0,034, dan (3) Ada pengaruh kreativitas siswa terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTsN 6 Blitar tahun ajaran 2021/2022, dengan nilai signifikansi untuk pillae trace = 0,012 < 0,05, wilk lambda = 0,012 < 0,05, hotelling’s trace = 0,013 < 0,05, dan roy’s lagest root = 0,005 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183101 HANNIF NUR QOLBIATI
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:18
Last Modified: 21 Jul 2022 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28123

Actions (login required)

View Item View Item