STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

LAILY HARISATUN NISWAH, 12201183279 (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Berdasarkan perkembangan fenomena yang akhir-akhir ini terjadi tentang menurunnya akhlak siswa kepada guru, orang tua, serta banyaknya peserta didik pada usia dini sudah melakukan tindak kriminalitas, narkoba, pergaulan bebas dan lain-lain. Dengan problem tersebut guru berusaha menggunakan beberapa startegi dalam menyampaikan materi agama islam. Strategi yang dilakukan guru tersebut adalah dengan menggunakan metode dan strategi berdasarkan penerapan kegiatan dalam pembinaan akhlak siswa , kegiatan tersebut juga ditunjang dengan adanya keteladan dan pembiasaan yang guru berikan pada siswa agar mudah untuk menempuh tujuan pembinaan yang baik. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah strategi guru dalam pembinaan akhlakul karimah sopan santun di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung ? 2) Bagaimanakah strategi guru dalam pembinaan akhlakul karimah jujur di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung ? 3) Bagaimanakah strategi guru dalam pembinaan akhlakul karimah Disiplin di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaf dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Data yang digali berdasarkan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Dalam pembinaan sopan santun, guru memberikan penjelasan mengenai sopan santun, guru membiasakan penerapan 5S (senyum, salam sapa, sopan, santun) dan guru menggunakan pendekatan individual pada peserta didik. 2) Dalam pembinaan jujur, guru memberikan penjelasan tentang jujur dengan menghubungkan kehidupan sehari-hari (kontekstual), guru menggunakan pendekatan individual pada peserta didik atau keterbukaan peserta didik, guru menerapkan kegiatan penerapan kejujuran berupa kartu keluar masuk kelas. 3) Guru menerapkan disiplin masalah waktu dan atribut sekolah, guru melakukan pengawasan kepada peserta didik untuk meminimalisir dan mencegah indisipliner, guru memberikan peringatan bahkan hukuman kepada peserta didik, jika ada peserta didik yang ketahuan tidak disiplin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183279 LAILY HARISATUN NISWAH
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:49
Last Modified: 22 Jul 2022 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item