MOCH HERI SETIAWAN, 12207183132 (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MTsN 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Moch. Heri Setiawan, NIM: 12207183132, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M. Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Profesionalisme Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang terjadi di MTsN 6 Tulungagung yakni merupakan salah satu madrasah negeri di kabupaten Tulungagung yang sudah berkembang baik mulai dari segi sarana dan prasarana sampai dengan mutu pendidikannya. MTsN 6 Tulungagung sudah mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain. Terbukti dengan prestasi yang di raih oleh lembaga ini yaitu banyak siswa-siswi yang berprestasi dalam berbagai bidang baik keagamaan ataupun bidang mata pelajaran umum. Oleh karena itu dilihat dari berbagai prestasi yang sudah diraih, pasti tidak lepas dari peran seorang guru di dalamnya, karena kualitas pendidikan akan terjamin apabila seorang guru (pendidik) tersebut memiliki profesionalisme yanh tinggi khusus di bidangnya. Fokus penelitian ini adalah: (1) metode kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 6 Tulungagung, (2) teknik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 6 Tulungagung, (3) taktik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang diambil bersumber dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan tenaga pendidik. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data adalah dengan triangulasi dan ketentuan pengamatan. Hasil penelitian: (1) metode kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah: (a) pembagian job description, (b) membuat perencanaan berlandaskan visi dan misi, (c) pembinaan, bimbingan, dan penilaian terhadap guru, (d) rekruitmen guru. (2) Teknik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah (a) mengikutsertakan guru dalam pembinaan b) penerapan kedisiplinan kehadiran guru (c) pendisiplinan terhadap perencanaan pembelajaran d) kepala madrasah sebagai supervisor (e) mengadakan rapat rutin. 3) Taktik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah a) memberikan motivasi berupa reward (b) punishment bagi guru ataupun pegawai yang melakukan tindakan indisipliner (c) menyusun job description sebagai catatan tugas guru (d) mengarahkan guru untuk menguasai bidang ilmunya (e) pembentukan iklim yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183132 MOCH HERI SETIAWAN |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28132 |
Actions (login required)
View Item |