MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 NGADILUWIH KEDIRI

M HASBI CAHYO UTOMO, 17207163091 (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 NGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngadiluwih”, ini ditulis oleh M. Hasbi Cahyo Utomo (17207163091) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I Kata Kunci: Sarana dan prasarana, mutu, pembalajaran Penelitian dalam skirpsi ini dilatar belakangi oleh fakta yaitu mutu pembelajaran mengalami peningkatan secara bertahap – tahap disetiap tahunnya melalui fasilitas sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 1 Ngadiluwih, Kediri. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana perencanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngadiluwih?. 2) Bagaimana Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalan meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngadiluwih?. 3) Bagaimana evaluasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngadiluwih? 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu di SMA Negeri 1 Ngadiluwih? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya yang termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) SMA Negeri 1 Ngadiluwih melakukan perencanaan diawali dengan Rencana Kerja Sekolah (RKS) diadakan rapat tim pengembang sekolah. Rapat tim pengembang SMA Negeri 1 Ngadiluwih merupakan dilakukan pada awal semester untuk membahas progam sekolah serta kebutuhan sarana dan prasarana yang mendukung progam sekolah, selanjutnya melakukan analisis kebutuhan sarana dan prasarana yang akan dibutuhkan selama satu semester kedepan. 2) Sekolah dalam melakukan pelaksanaan sarana dan prasarana disesuaikan dengan perencanaan yang telah disusun dan ditentutukan sebelumnya. Proses pelaksanaan sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Ngadiluwih mulai dari pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, Pengawasan, dan juga penghapusan sarana dan prasarana sekolah. 3) Evaluasi sarana dan prasarana yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Ngadiluwih yaitu diadakan seiap satu semester sekali dan terjadwal hal tersebut untuk mengetahi sampai mana pelaksanaan kegiatan sarana dan prasarana berjalan serta seberapa berpengaruhnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam meningkatkan pembelajaran. 4) yang menjadi penghambat di SMA Negeri 1 Ngadiluwih ialah keterbatasan dana yang mengharuskan untuk memilah mana yang menjadi priortias, kurangnya sumber daya manusia yang peduli terhadap pengelolahan sarana dan prasarana dibagian pemeliharaan, serta beberapa alat di labotarium bahasa yang harus diperbarui serta penambahan LCD proyektor disetiap kelas dan perlengkapannya dan faktor pendukung dalam manajemen sarana dan prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran hal ini semakin baik mutu pembelajaran dan semakin digenjot untuk lebih baik lagi hal – hal yang menjadi faktor pedukung ialah pencatatan dan pelaporan inventarisasi yang dilakukan sangat baik, baik secara manual maupun secara digital online, perawatan atau pemeliharaan yang disecara berkala dan terjadwal menjadikan xviii sarana dan prasarana sekolah lebih terawat dan awet sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang, dengan bertambahnya sarana dan prasarana, yang memadai sangat memperngaruhi proses pembelajaran siswa baik dibidang akademik maupun non akademik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163091 M. Hasbi Cahyo Utomo
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:02
Last Modified: 22 Jul 2022 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28141

Actions (login required)

View Item View Item