STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP IT AL-ASROR WONOREJO TULUNGAGUNG

RIFANA DWI FAJAR SARI, 12207183138 (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP IT AL-ASROR WONOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kependidikan di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung” ini ditulis oleh Rifana Dwi Fajar Sari, NIM. 12207183138, pembimbing Muhammad Zainul Arifin, M. Pd. I. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Tenaga Kependidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena menarik dimana para tenaga kependidikan melakukan semacam pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya yang jarang peneliti temukan di lembaga pendidikan lainnya serta kebutuhan tenaga kependidikan yang terus membutuhkan kegiatan peningkatan untuk memenuhi tuntutan terhadap kemajuan suatu lembaga. Dengan melalui kegiatan-kegiatan pengembangan seperti diklat, seminar, workshop, pelatihan, dan pembinaan tenaga kependidikan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi diri sesuai dengan perkembangan zaman. Berdasarkan uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan di SMP IT Al-Asror Wonorejo? (3) Bagaimana implikasi pelaksanaan strategi peningkatan kompetensi tenaga kependidikan di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan beserta faktor pendukung dan penghambatnya serta implikasi pelaksanaan strategi tersebut di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga sebagai bahan masukan dan pengetahuan terkait strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan. Bagi guru dan karyawan diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pengetahuan tentang pentingnya meningkatkan kompetensi diri sendiri terhadap kualitas suatu lembaga. Bagi pembaca diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya kajian mengenai strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan di suatu lembaga. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Serta menggunakan teknik analisis data yang mengikuti konsep Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi peningkatan kompetensi tenaga kependidikan di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung dilakukan melalui beberapa kegiatan peningkatan diantaranya yakni kegiatan seminar, workshop, kerohanian, pendisiplinan, bimbingan teknis, pelatihan, dan pembinaan secara mandiri. (2) Faktor pendukung yang terdapat dalam pelaksanaan strategi peningkatan kompetensi tenaga kependidikan di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung yakni pengalokasian dana yang tepat, sumber daya manusia yang baik antara pelatih maupun peserta, sarana prasarana yang memenuhi, dan kebutuhan dari setiap tenaga kependidikan. Sedangkan faktor penghambat yakni tenaga senior yang kurang bersemangat dalam meningkatkan kompetensi diri, ketidakdisiplinan, dan waktu pelaksanaan kegiatan yang bertepatan dengan kegiatan lainnya. (3) Implikasi pelaksanaan strategi peningkatan kompetensi tenaga kependidikan di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung sudah sesuai dengan harapan dan target lembaga, adapun beberapa implikasi yang terlihat seperti tenaga kependidikan mampu menggunakan peralatan modern sesuai perkembangan zaman dan mampu melakukan kegiatan kepegawaian yang lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rifana Dwi Fajar Sari
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:24
Last Modified: 21 Jul 2022 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28145

Actions (login required)

View Item View Item