PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAHUL FALAAH MANISRENGGO KEDIRI

SAYYIDA FATAYATI, 12201183315 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAHUL FALAAH MANISRENGGO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Di Mts Miftahul Falaah Manisrenggo Kediri” ini ditulis oleh Sayyida Fatayati, NIM 12201183315, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I, NIP. 19711281999031002 Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius Peserta Didik Konteks penelitian ini di latar belakangi oleh dunia pendidikan mengalami perkembangan seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi yang mempengaruhi perilaku peserta didik. Perubahan perilaku tersebut yang menjadi penyebab ketidak sesuaian dengan tujuan pendidikan. Banyak peristiwa memprihatikan terjadi seperti penyalahgunaan narkotika, perzinaan, tawuran, dan kenakalan-kenakalan lainnya. Lunturnya karakter peserta didik tersebut lantaran penanaman karakter yang kurang bertenaga, pengaruh lingkungan dan kurangnya pengawasan yang ketat dari orang tua sebagai akibatnya mudah untuk ditumbangkan dan terpengaruh oleh karakter yang kurang baik. Penanaman karakter yang baik dimulai dari usia dini agar nantinya setelah dewasa perilaku yang baik itu telah menjadi kebiasaan. MTs Miftahul Falaah Manisrenggo Kediri merupakan Madrasah yang berlatar belakang Islami dan menjalankan perilaku keagamaan seperti adanya pembiasaan program membaca surat yasin ketika sebelum pelajaran dimulai, melaksanakan sholat dhuha berjama’ah setiap hari diwaktu istirahat, tidak hanya itu setiap hari Sabtu diadakan mengkaji dan pengamalan kitab kuning, ketika sudah memasuki waktu sholat dhuhur peserta didik melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah, serta rutin melaksanakan istigosah setiap hari Jumat. Tujuan penelitian disini antara lain : (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai supervisor dalam menanamkan karakter religius peserta didik. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanamkan karakter religius peserta didik. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai konselor dalam menanamkan karakter religius peserta didik. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, waka kurikulum, guru Akidah ahklak, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini meliputi ketekunan pengamatan, dikusi dengan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. xviii Adapun hasil penelitian ini, diperoleh sebagai berikut : (1) Peran guru akidah akhlak sebagai supervisior dalam menanamkan karakter religius peserta didik di mts miftahul falaah manisrenggo kediri adalah memantau, membimbing, menilai peserta didik. (2) peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanamkan karakter religius peserta didik di mts miftahul falaah manisrenggo kediri adalah memberikan apersepsi terhadap siswanya, membangkitkan minat siswa dalam belajar di kelas dengan memberikan hukuman dan teguran bila ada yang ramai di kelas, guru menggunakan metode ceramah plus, memotivasi siswa di luar kelas seperti pada saat kegiatan pengajian kitab kuning, berkolaborasi dengan guru lainnya sebagai tim kegaamaan untuk menertibkan kegiatan keagamaan. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai konselor dalam menanamkan karakter religius peserta didik di mts miftahul falaah manisrenggo kediri adalah Guru bersikap terbuka, bersikap akrab, memberi solusi dari prbolem siswa, sebagai penyalur penanaman karakter religius kepada setiap siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183315 Sayyida Fatayati
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:22
Last Modified: 22 Jul 2022 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28148

Actions (login required)

View Item View Item