MEDIA GAMBAR KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X-IPA 6 SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

FITRIA NUR ISLAMININGSIH, 12210183050 (2022) MEDIA GAMBAR KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X-IPA 6 SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Media Gambar Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X-IPA 6 SMAN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Fitria Nur Islaminingsih, NIM. 12210183050, dengan bimbingan Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis Teks Anekdot, dan Media Gambar Karikatur Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan media gambar karikatur pada siswa kelas X IPA-6 SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-6 SMAN 1 Gondang Tulungagung yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks anekdot. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain PTK hasil adaptasi Model Hopkin dengan tahap perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket pratindakan, wawancara, angket pascatindakan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kinerja menulis, catatan lapangan, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan empat validitas, yaitu validitas hasil dan validitas demokratik, validitas proses, validitas dialogis, dan reliabilitas. Indikator keberhasilan dapat ditentukan berdasarkan proses dan produk. Keberhasilan proses meliputi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks anekdot, siswa mampu menulis ide atau gagasan dari hasil analisis media gambar karikatur. Dengan demikian, siswa akan terampil dan kreatif dalam menulis teks anekdot. Indikator keberhasilan produk dideskripsikan dari keberhasilan siswa dalam praktik menulis teks anekdot dengan menggunakan media gambar karikatur. Keberhasilan diperoleh jika telah terjadi peningkatan skor sebesar 75% dari jumlah siswa sesudah diberikan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menulis teks anekdot siswa sebelum diberi tindakan adalah 55,5, sedangkan setelah diberi tindakan siklus II skor rata-rata menjadi 85,09. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 29,59. Secara keseluruhan pada siklus II semua aspek dan kriteria menulis teks anekdot mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa penggunaan media gambar karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X IPA-6 SMAN 1 Gondang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: FITRIA NUR ISLAMININGSIH
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:17
Last Modified: 29 Jul 2022 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28152

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item