GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PENGELOLAAN KURIKULUM DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

DINI SYARIAH, 12207183107 (2022) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PENGELOLAAN KURIKULUM DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (787kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pendidik terhadap Pengelolaan Kurikulum di SMKN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Dini Syariah, NIM: 12207183107, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dibimbing oleh Dr. Nurul Hidayah, M.Ag Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengelolaan Kurikulum Dewasa ini tidak jarang ditemui fenomena akibat dari kurang profesionalnya kepala sekolah sekolah dalam memimpin suatu lembaga pendidikan sehingga banyak kasus-kasus akibat kesalahan kepemimpinan yang terjadi saat memimpin bawahannya. Setiap pimpinan yang ada di dalam lembaga pendidikan tidak semuanya memiliki gaya kepemimpinan yang sesuai untuk memimpin bawahannya. Pasalnya tidak jarang terjadi kesalahan kepemimpinan yang terjadi saat memimpin bawahannya. Sedangkan gaya kepemimpinan kepala sekolah sendiri sangat menentukan keberhasilan peningkatan kemampuan pengelolaan kurikulum oleh tenaga pendidik di bawah pimpinannya, ketidak sesuaian gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah tentunya dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan pengelolaan kurikulum oleh tenaga pendidik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung ? (2) Bagaimana pengelolaan kurikulum yang dilakukan oleh tenaga pendidik di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana implikasi gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kemampuan tenaga pendidik terhadap pengelolaan kurikulum di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung?. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan pola interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya ketekunan pengamatan serta triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini meliputi : (1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah di SMKN 1 Bandung adalah gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan manusia yang berujung pada tipe kepemimpinan demokratis, hal ini berdasarkan dari kepala sekolah dalam mengambil keputusan selalu dimusyawarahkan. Kepala sekolah juga memberikan kebebasan kepada para tenaga pendidik dalam menyampaikan pendapatnya dan kepala sekolah selalu menerima kritik, saran yang disampaikan oleh stakeholder yang ada di sekolah (2) Pengelolaan kurikulum yang dilakukan tenaga pendidik diawali dari perencanaan, dalam perencanaan tenaga pendidik menyusun perangkat pembelajaran. Selanjutnya adalah implementasi kurikulum, dalam hal ini yaitu proses pembelajaran. Selanjutnya penilaian kurikulum, tenaga pendidik melakukan penilaian melalui hasil belajar siswa. (3) Implikasi yang ditunjukkan dari gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kemampuan tenaga pendidik terhadap pengelolaan kurikulum menunjukkan perubahan yang positif bagi tenaga pendidik, yaitu peningkatan kompetensi tenaga pendidik sendiri maupun pembelajaran di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183107 DINI SYARIAH
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:49
Last Modified: 20 Jul 2022 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28154

Actions (login required)

View Item View Item